Text
TESIS:KEBIJAKAN PEMIMPIN PONDOK PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NONFORMAL DI PONDOK PESANTREN MANBAUL ULUM TOMPOBALANG KABUPATEN MAROS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkap kebijakan
pemimpin pondok pesantren dalam pengembangan system pendidikan pesantren di
Pondok Pesantren Manbaul Ulum Maros Desa Tompobalang Kecamatan
Bantimurung Kabupaten Maros.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlokasi di Pondok
Pesantren Manbaul Ulum Maros Desa Tompobalang Kecamatan Bantimurung
Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Milles dan
Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan pengembangan pendidikan
nonformal Pondok Pesantren Manbaul Ulum Maros Desa Tompobalang Kecamatan
Bantimurung Kabupaten Maros sangat variatif yaitu, Pengembangan di Bidang
Ta’lim, Pengembangan di Bidang Ubudiyah, Pengembangan di Bidang Muamalah dan
Pengembangan Program Life Skill. Adapun yang menjadi peluang dan tantangan
dalam penerapan kebijakan ini adalah adanya kerjasama pembina pesantren, orang tua
dan masyarakat sedangkan yang menjadi tantangannya adalah sarana dan prasarana
yang kurang memadai serta terbatasnya jumlah pendidik/ pembina pesantren.
Dampak psikologis dari kebijakan tersebut berdampak positif bagi santri dan
masyarakat sekitar Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tompobalang. Pesantren yang
telah memiliki nilai historis dalam membina dan mengembangkan masyarakat,
kualitasnya harus terus didorong dan dikembangkan seperti Pondok Pesantren
Manbaul Ulum Tompobalang.
Tidak tersedia versi lain