Text
TESIS:PENILAIAN NON-TES AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL MAKASSAR
Penelitian ini membahas permasalahan yaitu; (1) Bagaimana perencanaan
penilaian non-tes aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar?
(2) Bagaimana proses pelaksanaan penilaian non-tes aqidah akhlak di madrasah
Aliyah Negeri 2 Model Makassar? (3) Bagaimana pemanfaatan hasil penilaian
non-tes aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar? Adapun
tujuan penelitian untuk: 1) Menggambarkan perencanaan penilaian non tes
aqidah akhlak di Madrasah Aliyah negeri 2 Model Makassar, 2) Menggambarkan
proses pelaksanaan penilaian non-tes aqidah akhlak di madrasah Aliyah Negeri 2
Model Makassar 3) Menggambarkan pemanfaatan hasil penilaian non-tes aqidah
akhlak di madrasah Aliyah negeri 2 Model Makassar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang berlokasi di Madrasah
Aliyah Negeri 2 Model Makassar dengan menggunakan pendekatan fenomenologis.
Sumber data terdiri atas guru-guru aqidah akhlak, kepala madrasah, dan peserta didik.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi
dan gabungan dari ketiganya (triangulasi).
Hasil penelitian mengungkapkan penilaian non-tes guru aqidah akhlak di
Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar menggunakan 2 (dua) bentuk penilaian
yaitu; penilaian sikap dan penilaian unjuk kerja. Pada proses penilaian non-tes aqidah
akhlak ditemukan beberapa faktor yang mendukung seperti; kebijakan kepala madrasah,
komitmen guru aqidah akhlak, kerjasama antara guru dan peserta didik, lingkungan
madrasah, serta dukungan orang tua peserta didik. Namun, penelitian ini juga
menemukan beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan penilaian sikap seperti;
pergantian kurikulum, jumlah guru yang terbatas, dan sumber belajar yang minim.
Implikasi penelitian ini adalah 1) Pelatihan penilaian harus diprogramkan secara
berkelanjutan oleh kepala madrasah, minimal 2 kali dalam satu tahun khsususnya
penilaian non-tes. 2) Menambah jumlah referensi yang membahas penilaian non-tes
peserta didik. 3) Penelitian ini kiranya menjadi acuan bagi penelitian lain untuk
menganilisis lebih dalam penilaian non-tes.
Tidak tersedia versi lain