Text
TESIS:Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD di Gugus 1 Kec. Palu Barat Kota Palu
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan kompetensi
manajerial kepala sekolah SD di Gugus 1 Kec. Palu Barat, Kota Palu,
2) Mendeskripsikan kompetensi supervisi kepala sekolah SD di Gugus 1 Kec.
Palu Barat Kota Palu, 3) Mendeskripsikan kinerja guru SD di Gugus 1 Kec. Palu
Barat, Kota Palu, 4) Menganalisis pengaruh kompotensi manajerial kepala sekolah
terhadap kinerja guru SD di Gugus 1 Kec. Palu Barat, Kota Palu, 5) Menganalisis
pengaruh kompotensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SD di Gugus
1 Kec. Palu Barat, Kota Palu, dan 6) Menganalisis pengaruh kompotensi
manajerial dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru Gugus 1 Kec. Palu
Barat, Kota Palu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif
asosiatif. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD di Gugus 1 Kec. Palu
Barat Kota Palu dengan sampel 42 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi manajerial kepala
sekolah di SD Gugus 1 Kec. Palu Barat Kota Palu berada pada kategori sedang
dengan presentase 59,52%, (2) kompetensi supervisi kepala sekolah di SD Gugus
1 Kec. Palu Barat Kota Palu juga berada pada kategori sedang dengan presentase
47,62% dan (3) kinerja guru di SD Gugus 1 Kec. Palu Barat Kota Palu adalah
sedang dengan presentase 64,29%, (4) dengan membandingkan nilai
( ) yang berarti bahwa tidak ada pengaruh
kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru SD di Gugus 1 Kec.
Palu Barat, Kota Palu., (5) melihat perbandingan nilai (
) yang berarti bahwa bahwa tidak ada pengaruh kompetensi supervisi kepala
sekolah terhadap kinerja guru SD di Gugus 1 Kec. Palu Barat, Kota Palu,
(6) secara bersama-sama (simultan) diperoleh nilai (
) yang menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh secara bersama-sama antara
kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja
guru
Adanya ketidak temuan antara teori dan fakta dilapang membuat tanda
tanya besar, ini memerlukan penelitian yang lebih mendalam. Untuk itulah
diharapkan ada peneliti yang melanjutkan untuk mengkaji lebih jauh sehingga
menemukan jawaban-jawaban tersebut
Tidak tersedia versi lain