Text
TESIS:Pengembangan Kecerdasan Peserta didik tingkat Sekolah lanjutan pertama (SLTP) dengan Pendekatan qur’ani
Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis
tentang makna kecerdasan dan pengembangannya terhadap peserta didik Tingkat
Sekolah lanjutan pertama (SLTP) mengenai kecerdasan intelektual atau intelligent
quotient (IQ), kecerdasan emosional atau emotional quotient (EQ), dan kecerdasan
spiritual atau spiritual quotient (SQ) yang dikembangkan secara internal dengan
nilai-nilai qur’ani. Dalam hal ini melaksanakan proses pembelajaran dengan
pendekatan qur’ani agar peserta didik memiliki kemampuan pengetahuan, sikap,
dan keterampilan (kognitif, afektif, dan psikomotorik) yang relevan dengan
pengembangan budi pekerti luhur.
Permasalahan tersebut diselesaikan dengan pendekatan antar disipliner,
yaitu pedagogis, sosiologis, psikologis, yang dirumuskan dalam pendekatan qur’ani,
yaitu dengan cara mengkaji ayat-ayat al-Qur’an dari unsur pedagogis, sosiologis, dan
psikologis. Oleh karena itu penelitian ini tergolong library research, data
dikumpulkan dengan mengutip, menyadur, dan menganalisis isi dari pada literatur
yang representatif yang mempunyai relevansi dengan masalah yang dibahas
kemudian mengulas dan menyimpulkannya.
Berdasarkan pengkajian ini seiring dengan latar belakang masalah yang
dirumuskan dalam pokok masalah maka hasil dalam penelitian ini, adalah memberi
sumbangsih terwujudnya peserta didik pada tingkat Sekolah lanjutan pertama
(SLTP) yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan kecerdasannya secara
intelektual, emosional, dan spiritual dengan pendekatan qur’ani sehingga peserta
didik mampu menunjukkan sikap dan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari.
Seiring perkembangan zaman serta kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang semakin menggelobal, dari suatu sisi merupakan kemajuan atau
kebutuhan akan tetapi dari sisi lain tampa pengendalian diri maka dapat berakibat
fatal termasuk bagi peserta didik sebagai generasi masa depan. Peserta didik
diharapkan mampu memahami dan menyikapi perkembangan global dengan
membatasi diri sesuai kebutuhan yang diperlukan dari segi keilmuan dan
keterampilan yang berlandaskan dengan nilai-nilai budi pekerti yang luhur.
Tidak tersedia versi lain