Text
TESIS:IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI YURISPRUDENSIAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO
Penelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran inkuiri
yurisprudensial dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam
peserta didik, dengan tujuan untuk mengetahui: 1) realitas pelaksanaan pembelajaran
inkuiri yurisprudensial bagi peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bangkala
Kabupaten Jeneponto, 2) mendeskripsikan gambaran motivasi belajar Pendidikan
Agama Islam peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten
Jeneponto, 3) mengetahui peranan pembelajaran inkuiri yurisprudensial dalam
meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMA Negeri
1 Bangkala Kabupaten Jeneponto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang berlokasi di SMA
Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto, dengan menggunakan pendekatan
keilmuan psikologis. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder.
Instrumen penelitian yaitu pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Metode pengumpulan data adalah observasi, interviu, dan dokumentasi. Analisis
data dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan, pengujian keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Realitas pembelajaran inkuiri
yurisprudensial belum berjalan secara sempurna, hal ini berdasarkan adanya realitas
bahwa enam langkah pembelajaran model inkuiri yurisprudensial belum
dilaksanakan secara menyeluruh serta sistematis dalam proses pembelajaran, dan
dengan masih ditemukannya faktor-faktor penghambat. 2) Motivasi belajar
Pendidikan Agama Islam peserta didik SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten
Jeneponto tergolong masih rendah, hal yang demikian dapat dicermati dari adanya
usaha belajar kebanyakan hanya terjadi pada saat hendak ada ulangan atau tes.
Selain kurangnya dukungan, juga tidak adanya tuntutan dari lingkungan keluargaxvi
untuk berhasil dalam bidang agama karena pada umumnya orang tua peserta didik
berprofesi petani. Begitu juga halnya pada sikap dan pergaulan peserta didik dalam
lingkungan masyarakat yang tidak kondusif. (3) Peranan pembelajaran inkuiri
yurisprudensial dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam
peserta didik SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto, dapat melatih peserta
didik untuk peka terhadap permasalahan sosial, dan psikologis mengambil posisi
(sikap) terhadap permasalahan tersebut, serta mempertahankan sikap tersebut
dengan argumentasi yang relevan dan valid.
Implikasi penelitian ini diharapkan agar sekiranya Guru harus
mengoptimalkan penggunaan sarana (media) pembelajaran yang tersedia untuk
menunjang proses pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran ceramah harus
dipadukan dengan model pembelajaran lain khususnya model pembelajaran inkuiri
demi untuk menumbuhkan kreativitas dan memberikan motivasi belajar peserta
didik semakin baik dalam mengembangkan bakat, minat dan meningkatkan prestasi
belajar siswa
Tidak tersedia versi lain