Text
TESIS:URGENSI KETELADANAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK PADA MADRASAH TSANAWIYAH DARUD DA’WAH WAL IRSYAD (MTs DDI) BARU’ KECAMATAN LUYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah menelaah
tentang Urgensi Keteladanan Guru dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik
pada Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah wal Irsyad (MTs DDI) Baru’ Kecamatan
Luyo Kabupaten Polewali Mandar. Adapun submasalahnya adalah: 1) Bagaimana
bentuk pembinaaan akhlak peserta didik pada MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo
Kabupaten Polewali Mandar?, 2) Bagaimana bentuk keteladanan guru dalam
pembinaan akhlak peserta didik MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten
Polewali Mandar?, 3) Bagaimana upaya guru menerapkan keteladanan dalam
pembentukan akhlak peserta didik pada MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo
Kabupaten Polewali Mandar?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui metode pembinaan yang
dilakukan oleh guru pada MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali
Mandar dalam membina dan mengarahkan peserta didik agar memiliki akhlak mulia,
2) Untuk mengetahui bentuk keteladanan guru dalam pembinaan akhlak mulia
peserta didik Pada MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar,
3) Untuk mengetahui upaya guru menerapkan keteladanan dalam pembentukan
akhlak mulia peserta didik pada MTs DDI Baru Kecamatan Luyo Kabupaten
Polewali Mandar.
Jenis penelitian dalam tesis ini adalah penenlitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan teologis-normatif, sosiologis, dan pendekatan psikologis.
Adapun sumber data dari penelitian ini adalah Guru, Kepala Madarasah, Peserta
Didik dan seluruh stakeholder pada MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten
Polewali Mandar sebagai imforman. Cara pengumpulan data adalah menggunakan
metode wawancara terstruktur, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi,
observasi, dan terakhir dianalisis secara reduksi, display, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Bentuk pembinaan akhlak
peserta didik pada MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar
adalah dengan mengedepankan prinsip keteladanan, menanamkan prinsip
pembiasaan, dan prinsip kedisiplinan. 2) Bentuk keteladan guru dalam pembentukanxvi
akhlak, yaitu disiplin, ramah, lemah lembut, bijaksana dan peduli. 3) Upaya guru
menerapkan keteladan pada MTs DDI Baru’ Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali
Mandar mengedepankan sifat-sifat keteladanan dengan terlebih dahulu
mengamalkan sebelum mengajarkannya.
Implikasi penelitian
Sebagai implikasi dari penelitian ini diharapkan guru dalam menjalankan
profesinya sebagai pendidik lebih mengutamakan sifat keteladanan. Untuk
membentuk kepribadian peserta didik dan memiliki akhlak mulia, tidaklah cukup
hanya dengan mentrasnfer ilmu pengetahuan saja, tetapi harus mampu menanamkan
nilai-nilai pembelajaran dalam diri dan jiwa peserta didik. Menananmkan nilai-nilai
moral dengan tujuan membentuk kepribadian peserta bukan hanya tugas guru tetapi
harus secara bersama-sama dijalankan oleh semua stakeholder yang ada pada satuan
pendidikan, serta orang tua dan masyarakat sebagai komponen yang bertanggung
jawab terhadap pendidikan itu sendiri.
Tidak tersedia versi lain