Text
TESIS:“Implementasi Profesionalitas Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang
Peneltian ini mengkaji tentang implementasi profesionalitas guru dalam
pelaksanaan pembelajaran di SMA Muhammadiyah Rappang Kabupaten Sidenreng
Rappang. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Mengungkapkan proses implementasi
profesionalitas guru di SMA Muhammadiyah Rappang, 2) Megungkapkan faktor
pendukung dan penghambat serta solutif implementasi profesionalitas guru di SMA
Muhammadiyah Rappang. 3) Menganalisis hasil implementasi profesionalitas guru
dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Muhammadiyah Rappang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan pedagogis,
psikologis, teologis normatif, dan manajerial. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi.
Analisis data yang dilakukan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Selanjutnya dilakukan pengujian keabsahan data dengan cara
peningkatan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus
negatif, dan member check.
Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
profesionalitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Muhammadiyah
Rappang belum berjalan sebagaimana mestinya, sehingga masih perlu terus
dilakukan peningkatan terutama terhadap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran dan pelaksanan penilaian proses dan hasil pembelajaran serta
pengembangan keprofesian. Proses pelaksanaan profesionalitas guru di SMA
Muhammadiyah Rappang didukung oleh kebijakan Kepala Sekolah, aturan-aturan
yang ada, kualifikasi akademik pendidik, dan tunjangan profesi guru. Sedangkanxvii
hambatan yang dihadapi adalah dukungan dana yang tidak memadai, penguasaan
TIK guru yang rendah, dan kreatifitas guru yang rendah pula.
Implikasi penelitian adalah, seorang guru profesional harus menguasai dan
menerapkan materi, struktur, konsep, dan pola keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu yang meliputi; Menyusun perencanaan pembelajaran,
mempelajarai terlebih dahulu materi pelajaran sebelum diajarkan, menyampakan
tujuan pembelajaran pada awal kegiatan inti, menerapkan keterampilan membuka
pelajaran untuk membangkitkan motivasi belajar, menerapkan multi metode dalam
pembelajaran, memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi peserta
didik, menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif, melaksanakan tindak lanjut
hasil evaluasi pembelajaran berupa remedial dan pengayaan, serta
mendokumentasikan hasil penilaian yang telah dilaksanakan.
Guru profesional harus melakukan pengembangan keprofesian melalui
tindakan reflektif dan berkelanjutan yang meliputi; Aktif mengikuti kegiatan yang
dilaksanakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengikuti kegiatan
ilmiah seperti seminar, melaksanakan penelitian ilmiah seperti, Penelitian Tindakan
Kelas
Tidak tersedia versi lain