Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Tingkat Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik pada
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Baraka Kabupaten Enrekang (Studi
tentang Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat)
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Tingkat Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Baraka Kabupaten Enrekang (Studi tentang Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat)

Muhsin - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang Tingkat Prestasi Belajar Pendidikan Agama
Islam Peserta Didik pada Madrasah Aliyah Negeri MAN Baraka Kabupaten
Enrekang (Studi tentang Faktor Pendukung dan Penghambat) Adapun tujuan
penelitian ini adalah Memperoleh gambaran tingkat prestasi belajar PAI peserta
didik MAN Baraka, Mengetahui faktor-faktor yang menjadi Pendukung dan
penghambat prestasi belajar PAI peserta didik MAN Baraka serta solusinya, untuk
mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik MAN Baraka
Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian deskriptif, jika dilihat dari tingkat
eksplanasinya (penjelasannya). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
teologi normatif, pedagogik, dan psikologis. Populasi dalam penelitian ini adalah
kelas X dan XI yang berjumlah 485 orang, sedangkan sampelnya adalah 83 orang.
Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi, pedoman wawancara, dan observasi.
Data kuantitatif dianalisis dengan kuantitatif, data kualitatif dianalisis dengan
kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan
prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas X dan XI MAN Baraka
dilihat dari data nilai rapor sejumlah 6454 dengan nilai rata-rata 77,76. Berdasarkan
hasil persentase nilai PAI semester 1 dan 2 secara secara umum berada pada kategori
sedang dengan persentase 45,78%. Tingkat ketuntasannya adalah 70%, ini berarti
bahwa prestasi belajar masih perlu ditingkatkan lagi untuk mencapai nilai yang lebih
baik.
. Faktor pendukung prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MAN Baraka
adalah adanya motivasi belajar dari peserta didik, kepemimpinan kepala sekolah
yang efektif dan efisien, tersedianya sarana dan prasarana, tersedianya fasilitas
internet, dorongan orang tua untuk belajar, orang tua yang selalu membangun
komunikasi dengan guru dan wali kelas anaknya. Adapun yang menjadi faktor
xvixvii
penghambat adalah masih adanya guru yang menggunakan metode tradisional, latar
belakang pendidikan peserta didik, masih ada orang tua yang kurang perhatian
terhadap masalah anaknya di sekolah, membantu orang tua mencari nafkah.
Solusinya adalah memberikan bimbingan khusus, guru menggunakan berbagai
metode dalam mengajar dan orang tua tidak terlalu membebani anaknya mencari
nafkah. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik
Mengadakan bimbingan belajar, mengadakan pengajian rutin, adakan worshop
pelatihan guru, mengadakan safari ramadhan, mengadakan pesantren kilat, dan
mengadakan perlombaan dalam bidang agama.
Adapun implikasi penelitian ini adalah kepada seluruh peserta didik MAN
Baraka supaya belajar dengan sungguh-sungguh agar hasil yang di capai lebih
memuaskan. Kepada Kepala Sekolah diharapkan terus mengupayakan programprogram pembekalan dan pelatihan bagi guru Pendidikan Agama Islam, kepada guru
PAI agar meningkatkan kedisiplinan, dan untuk orang tua agar selalu memotivasi
anaknya untuk belajar sungguh-sungguh. Kepada guru diharapkan agar senantiasa
mengadakan bimbingan belajar, membangun komunikasi dengan orang tua peserta
didik, dan mengadakan lomba-lomba dalam bidang agama agar prestasi belajar lebih
baik. Untuk meningkatkan kualitas sekolah yang bersangkutan, peneliti berpendapat
perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor lain yang
berpengaruh terhadap prestasi belajar


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100210052
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?