Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi
Belajar Peserta Didik SMA Negeri Polewali Kabupaten Polewali
Mandar
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri Polewali Kabupaten Polewali Mandar

Muhammad Anshar - Nama Orang;

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan upaya guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMA
Negeri 3 Polewali, untuk mmengungkapkan faktor pendukung dan penghambat guru
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMA
Negeri 3 Polewali, dan untuk merumuskan solusi guru pendidikan Agama Islam guna
mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di
SMA Negeri 3 Polewali.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yaitu menggambarkan dan menganalisis
upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta
didik di SMA Negeri 3 Polewali kabupaten Polewali Mandar. Dengan pendekatan
pedagogis, sosiologis, dan teologis normatif. Sumber data terdiri atas data primer
yang diperoleh langsung di lokasi penelitian yang bersumber dari para informan dan
data sekunder yang diperoleh dari referensi, literatur dan sumber lain. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa penelitian berperan serta, bertujuan untuk lebih
memahami kondisi lokasi penelitian, dan pedoman wawancara yang disusun secara
tertulis sebagai acuan bagi peneliti dalam mengumpulkan data. Metode
pengumpulan data melalui observasi sebagai cara dalam mengamati penomenapenomena yang diteliti, wawancara yaitu penulis berdialog secara langsung dengan
nara sumber, dokumentasi yaitu penulis mengumpulkan dokumen dalam
memperoleh data tertulis. Pengolahan dan analisis data melalui telaah buku-buku
untuk menyajikan kutipan langsung dan kutipan tidak langsung yang relevan,
reduksi data dengan memfokuskan pada pembahasan yang dinilai penting, penyajian
data dalam bentuk uarain berdasarkan fakta dan informasi pada proses pengumpulan
data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya yang dilakukan oleh guru
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMA
Negeri 3 Polewali adalah meningkatkan mutu guru Pendidikan Agama Islam selaku
pendidik, fasilitator, motivator, pemacu, dan pemberi inspirasi belajar bagi siswa
dengan mengacu pada standar kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yakni
kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. (2) Faktor pendukung
dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Polewali adalah
faktor dari dalam diri peserta didik itu sendiri berupa kondisi jasmani dan kondisi
rohani, faktor lingkungan sosial dan non sosial dan faktor pendekatan belajar. Faktor
penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar
peserta didik adalah belum dapat menguasai penggunaan media pembelajaran. (3)
Solusi yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat guru Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Polewali
adalah meningkatkan pengetahuan guru melalui pendidikan, pelatihan atau kursus.xvi
Guru Pendidikan Agama Islam harus menggunakan beragam metode mengajar yang
sesuai dengan mata pelajaran yang diampu serta guru harus mampu membuat alat
peraga edukatif lokal serta mencari media yang sederhana dan mudah digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis merekomendasikan bahwa SMA
Negeri 3 Polewali sebagai lembaga pendidikan formal perlu didukung sarana dan
prasarana yang memadai utamanya sarana internet untuk menunjang proses
pembelajaran agar tetap unggul dan bersaing dengan sekolah lain. Selanjutnya guru
Pendidikan Agama Islam senantiasa memaksimalkan potensinya sebagai guru yang
profesional untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam
menerapkan sistem pembelajaran terhadap peserta didik


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100208236
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?