Text
TESIS:DAMPAK METODE DISKUSI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ) PADA MADRASAH ALIYAH MADANI ALAUDDIN PAOPAO KABUPATEN GOWA
Diskusi sebagai metode pembelajaran adalah proses pelibatan dua orang
peserta didik atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling
mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan
kesepakatan di antara mereka. Pembelajaran yang menggunakan metode diskusi
merupakan pembelajaran yang bersifat interaktif. Untuk mengetahui dampak metode
diskusi maka permasalahan pokok yang diajukan dalam penelitian ini adalah
bagaimana penerapan metode diskusi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama
Islam pada Madrasah Aliyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa? dan
bagaimana dampak metode diskusi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama
Islam pada Madrasah Aliyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa?
Untuk menjawab permasalahan di atas maka dilakukan pengumpulan data di
lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Populasi
dalam penelitian ini terdiri dari guru dan peserta didik dengan sampel yang berjumlah
69 orang.
Setelah dilakukan pengumpulan data, pengolahan data serta analisis data
maka hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama
Islam pada Madrasah Aliyah Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa menerapkan
metode diskusi dalam bentuk diskusi kelas dan diskusi kelompok kecil, masingmasing diterapkan sesuai dengan kondisi dan relevansinya dengan materi pelajaran.
Penerapan metode diskusi memiliki dampak positif, hal ini dapat dilihat dengan
besarnya jumlah persentase jawaban responden yang berkisar antara 40,61 % sampai
93,42 % dengan pemaparan yaitu membuat peserta didik aktif dalam proses
pembelajaran dengan adanya komunikasi dua arah yang terjadi baik antara guru
dengan peserta didik maupun antar peserta didik, sehingga dengan metode diskusi
tercipta kondisi belajar yang komunikatif dan melatih peserta didik untuk hidup
secara berdampingan. Selain itu, metode diskusi juga menimbulkan dampak negatif
yaitu menyerap waktu yang cukup lama karena prosesnya yang panjang sehingga
terkadang waktu yang diberikan tidak mencukupi.
Kondisi di atas berimplikasi terhadap: 1) Penerapan jenis metode diskusi
selain diskusi kelas dan diskusi kelompok agar proses pembelajaran lebih kreatif lagi.
2) Penerapan metode diskusi sesuai dengan prosedurnya dan ketepatan waktu yang
tersedia serta penguasaan guru terhadap metode diskusi.
Tidak tersedia versi lain