Text
TESIS:Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar Melalui Sertifikasi Guru
Tesis ini berjudul Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar Melalui Sertifikasi
Guru”. Konsentrasi pembahasan dalam tesis ini berdasarkan permasalahan (1)
bagaimana profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Kecamatan
Biringkanaya Kota Makassar, (2) bagaimanakah motivasi guru Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar mengikuti sertifikasi,
dan (3) bagaimanakah hambatan yang dialami dan solusi yang ditemukan oleh guru
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar
dalam meningkatkan profesionalisme melalui sertifikasi.
Tesis ini disusun berdasarkan data yang diperoleh dari lokasi penelitian
dengan menggunakan metode penelitian mulai dari lokasi dan jenis penelitian, yakni
SMP Negeri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, dengan jenis penelitiannya
adalah deskriptif kualititatif. Dalam penelitian digunakan pendekatan normatif
(Alquran dan Hadis, UU. RI. No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, UU. RI. No. 14
Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Data penelitian bersumber dari data primer dan
data sekunder, dengan teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data dilakukan secara induktif.
Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah bahwa guru Pendidikan
Agama Islam di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, yakni di antara mereka
telah ada yang tergolong sebagai guru profesional berdasarkan legitimasi atau lisensi
berupa sertifikasi yang diberikan pemerintah. Di samping itu, masih ada dalam taraf
menuju guru profesional karena masih sementara dalam taraf pengumpulan data
untuk kredit point dan berkas untuk portofolio. Secara teoritis, proses sertifikasi
hendaknya melalui latihan, diklat dan simposium-simposium tentang pendidikan dan
pengajaran dan ini lebih memberikan manfaat dan berkeadilan jika dibandingkan
dengan proses sertifikasi jalur portofolio untuk mencapai taraf guru profesional.
Implikasi dari penelitian ini adalah agar hasil penelitian ini dapat
memberikan informasi yang bermanfaat bagi setiap guru khususnya bagi guru
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.
Hal ini dimaksudkan agar proses sertifikasi bagi guru Pendidikan Agama Islam dapat
dilaksanakan berdasarkan keterbukaan, kejujuran, keadilan atau keadilan,
akuntabilitas, objektivitas, profesionalitas, berorientasi pada tujuan, dan bukan
berorientasi pada tunjangan semata.
Tidak tersedia versi lain