Text
TESIS:Implementasi Supervisi Pengawas dalam Strategi Peningkatan Pembelajaran di SD Negeri 45 Dampang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba
Pokok masalah tesis ini dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi
Supervisi Pengawas dalam stategi Peningkatan Pembelajaran di SD Negeri 45
Dampang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Yang menjadi sub masalah
dalam penelitian ini adalah, 1) bagaimana implementasi supervisi pengawas di SD
Negeri 45 Dampang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba, 2) bagaimana
strategi peningkatan pembelajaran di SD Negeri 45 Dampang Kecamatan Gantarang
Kabupaten Bulukumba, 3) faktor-faktor pendukung dan penghambat Implementasi
Supervisi Pengawas dalam peningkatan pembelajaran di SD Negeri 45 Dampang
Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan
pendekatan pedagogik, teologis normatif, dan psikologis. Sumber data terdiri atas
pengawas, kepala sekolah, para guru SD Negeri 45 Dampang Kecamatan Gantarang
Kabupaten Bulukumba sebagai informan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan 3
cara: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data serta penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi supervisi pengawas
di SD Negeri 45 Dampang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba bahwa
pengawas mempunyai tugas dan tanggung jawab pertama, mengidentifikasi masalahmasalah pengajaran, kedua, bertindak sebagai seorang nara sumber, dan memiliki
kecakapan dalam melakukan komunikasi dengan para kepala sekolah, guru, dan staf
sekolah serta berupaya mengimplementasikan supervisi pengawas, (2) Strategi
Peningkatan pembelajaran di SD Negeri 45 Dampang Kecamatan Gantarang
Kabupaten Bulukumba berada dalam kategori baik dimana guru melakukanxvii
perencanaan pembelajaran satu bulan sebelum pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan,
meliputi program tahunan, program semester, pemetaan materi, silabus, rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan kriteria ketuntasan minimal (KKM), Rencana
program pembelajaran berisi kompetensi inti (KI), kompetensi dasar KD), rencana
materi yang diajarkan, metode dan model pembelajaran, serta sumber dan alat yang
akan digunakan, rencana pelaksanaan evaluasi, dan alokasi waktu yang digunakan.
Dari segi pelaksanaan pembelajaran berpedoman pada rencana program yang telah
disusun. Kemudian evaluasi dilakukan setelah peserta didik menyelesaikan
pembelajaran dalam kurun waktu sesuai rencana kegiatan. (3) Faktor-faktor
penghambat dan pendukung implementasi Supervisi Pengawas dalam peningkatan
pembelajaran di SD Negeri 45 Dampang Kecamatan Gantarang Kabupaten
Bulukumba, faktor penghambat meliputi; Pertama, pengadaan personil, fasilitas, dan
dana yang diperlukan bagi pelaksanaan program supervisi yang baik; kedua, pengawas
hanya akan melakukan kegiatan supervisi jika dana untuk kegiatan supervisi telah ada
dan ketiga, kurangnya pelatihan terhadap pengawas, selain hal tersebut guru tidak
terlatih dalam implementasi K13 Sedangkan faktor pendukung meliputi; Supervisi
kunjungan kelas yang berkelanjutan, pengawas memberi semangat kerja guru untuk
dapat bekerja dengan maksimal.
Implikasi penelitian ini adalah untuk melahirkan pengawas, kepala sekolah
dan guru yang benar-benar memahami tugas dan tanggungjawabnya, sehingga
diharapkan dapat meningkatkan prestasi kinerja, pada lingkungan SD Negeri 45
Dampang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.
Tidak tersedia versi lain