Text
TESIS:Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
Pokok masalah tesis ini adalah proses manajemen kurikulum Pendidikan
Agama Islam di SDIT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui proses/mekanisme pengembangan kurikulum
KTSP yang digunakan di SDIT Rabbani, mengetahui jenis atau pola organisasi
kurikulum yang digunakan di SDIT Rabbani, dan untuk menjelaskan perpaduan
kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDIT Rabbani Kecamatan Tanete Riattang
Kabupaten Bone.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah
kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran PAI,
guru mata pelajaran Tauhid, guru mata pelajaran Fiqhi, dan guru mata pelajaran
Hadis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan checklist dan
catatan observasi, catatan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis/pengolahan
data menggunakan beberapa tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: mekanisme pengembangan KTSP di
SDIT Rabbani belum ideal atau belum melalui tujuh kegiatan pokok dalam
pengembangan kurikulum seperti yang terdapat dalam juknis BAN-SM, pola
organisasi kurikulum yang digunakan di SDIT Rabbani khususnya untuk mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah subject curriculum, dan kurikulum
Pendidikan Agama Islam yang digunakan di SDIT Rabbani adalah perpaduan
kurikulum Diknas, kurikulum Kemenag dan kurikulum institusi atau yayasan.
Implikasi penelitian ini yaitu diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi
salah satu informasi dan referensi tentang pelunya meninjau kembali penyusunan dan
pengembangan kurikulum KTSP pada umumnya dan kurikulum Pendidikan Agama
Islam pada khususnya bagi institusi yang ingin menyusun dan mengembangkan
kurikulum.
Tidak tersedia versi lain