Text
TESIS:PELAKSANAAN MANAJEMEN MUTU DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SMP NEGERI 2 SENGKANG KABUPATEN WAJO
Tesis ini membahas mengenai Pelaksanaan Manajemen Mutu Pendidik dan
Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 2 Sengkang Kabupaten Wajo, yang jadi pokok
masalah adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan manajemen mutu pendidik dan tenaga
kependidikan di SMP Negeri 2 Sengkang Kabupaten Wajo? (2) Bagaimana
kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Sengkang Kabupaten Wajo? (3) Upayaupaya apa yang dilakukan dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di SMP
Negeri 2 Sengkang Kabupaten Wajo? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk
menjelaskan pelaksanaan manajemen mutu pendidik dan tenaga kependidikan di
SMP Negeri 2 Sengkang Kabupaten Wajo. (2) Untuk mengungkapkan kompetensi
pedagogik guru di SMP Negeri 2 Sengkang Kabupaten Wajo. (3) Untuk menemukan
upaya-upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Sengkang
Kabupaten Wajo.
Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2
Sengkang Kabupaten Wajo. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan
metodologi yang berupa pendekatan fenomenologis dan pendekatan keilmuan yang
meliputi; pendekatan pedagogis dan pendekatan manajemen. Adapun metode dalam
mengumpulkan data adalah wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi.
Instrumen penelitian yaitu peneliti itu sendiri, pedoman wawancara dan pedoman
observasi. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan melalui 3 tahapan
yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan dan
pengujian keabsahan data melalui kredibilitas, defendabilitas, konfirmabilitas dan
transperabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu pendidik dan tenaga
kependidikan di SMP Negeri 2 Sengkang Kabupaten Wajo sudah terealisasi tapi
belum maksimal, karena masih ada unsur yang belum memenuhi syarat penelitian ini.
pertama, analisis manajemen mutu SDM pada tahapan perencanaan, penempatan,
pengembangan dan penilaian, perlindungan terhadap keselamatan kerja PTK serta
terciptanya hubungan yang harmonis antar PTK telah terealisasi dengan baik. tapi
masih ada tenaga administrasi yang tidak sesuai dengan bidang keahliannya.
Kedua, guru-guru di SMP Negeri 2 Sengkang Kabupaten Wajo rata-rata sudah
memiliki kompetensi pedagogik walaupun masih ada salah satu unsur yang belum
diterapkan dengan baik, hal ini disebabkan karena keterbatasan sarana dan prasarana
sekolah. Ditinjau dari pemahaman pendidik terhadap wawasan atau landasan
kependidikan, pemahaman pendidik terhadap peserta didik, bagaimana pendidik
mengembangkan kurikulum/silabus, merancang pembelajaran dan kemampuan
pendidik melakukan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, evaluasi belajar,
bagaimana pendidik mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan
berbagai potensi yang dimilikinya semuanya telah dilakukan dengan baik, namun
pemanfaatan teknologi pembelajaran belum maksimal. Ketiga, Upaya peningkatan
kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Sengkang Kabupaten Wajo sudah
terealisasi, pada hakikatnya dorongan sekolah kepada pendidik untuk meningkatkan
kompetensi dan kualifikasi akademik serta keleluasaannya dalam menggunakan
sarana dan prasarana telah berjalan secara maksimal, tapi di sisi lain sarana dan
prasarana pembelajaran yang ada masih terbatas.
Tidak tersedia versi lain