Text
TESIS:Implementasi Peran Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI di SDN NO. 30 Kabupaten Sinjai
Masalah pokok yang diteliti dalam tesis ini adalah, Implementasi peran Supervisor dalam
meningkatkan kinerja guru PAI di SDN No.30 Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian ini adalah
merumuskan peran pengawas dalam pembinaan guru Pendidikan Agama Islam di SDN No.30
Kabupaten Sinjai. Faktor penghambat Implementasi peran Supervisor dalam meningkatkan
kinerja guru PAI di SDN No. 30 Kabupaten Sinjai.
Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis,
psikologis dan sosiologis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan
skunder. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara dan
mengisi checklist. Kemudian metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. tehnik pengolaan dan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data (display data)
dan penarikan kesimpulan(verifikasi data)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi peran supervisor guru pendidikan
agama Islam di SDN No.30 Kab. Sinjai dalam kedudukannya sebagai pelaksana supervisi
pendidikan yang termasuk supervisi akademik yang mengcakup Penyusunan program,
Pelaksanaan supervisi akademik, Pembinaan, Penilaian, Pemantauan. Kinerja guru PAI
sebagai pengarah, pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, penilai, dan pengevaluasi. faktor
penghambat diantaranya medan yang cukup luas ditambah lagi dengan minimnya jumlah
pengawas, sehingga menyebabkan kegiatan kepengawasan tidak terlalu maksimal karena harus
melayani banyak sekolah, kurangnya minat kepala sekolah dan guru yang berprestasi mutasi
kejabatan pengawas. Sebagai solusi untuk meningkatkan kinerja guru PAI serta meningkatkan
mutu pendidikan di sekolah dasar di kabupaten Sinjai, diperlukan usaha maksimal dari semua
stake holder pendidikan, melakukan pengawasan secara ketat, sistematis dan komprehensif dalam
upaya mengembangkan kemampuan sumber daya manusia, dan mengupayakan kepada semua
guru untuk ikut dalam pelatihan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan.
Implikasi dari penelitian ini merekomendasikan agar pihak kementrian agama kabupaten
sinjai menambah jumlah pengawas dalam rangka efektifitas implementasi peran pengawas dalam
meningkatkan kinerja guru PAI. Direkomendasikan pula agar memberikan kesempatan kepada
pengawas untuk mengembangkan kemampuan dengan melalui pelatihan, sehingga pelaksanaan
pengawasan sesuai dengan tujuan fungsi pengawas. Kemudian perlu pula pengawas pendais
dapat bekerja sama dengan pengawas pendidikan dari dinas pendidikan, mengingat guru Agama
yang ada di sekolah dasar diangkat oleh dinas pendidikan.
Tidak tersedia versi lain