Text
TESIS:REALITAS KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD DI KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui realitas kompetensi
profesional guru PAI SD di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang, 2)
Mengetahui peranan KKG PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional guru
PAI SD di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang, dan 3) mengetahui ragam
faktor pendukung dan penghambat kompetensi profesional guru PAI SD di
Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang dan solusinya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan
penelitian yang digunakan adalah normatif, pedagogis dan psikologis. Sumber data
adalah kepala sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi,
teknik pengolahan data, dan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Realitas kompetensi profesional guru PAI SD
di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang memiliki tingkat profesional yang
cukup baik, terlihat dari kualifikasi pendidikan, kemampuan guru dalam
merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran serta kemampuan
berkomunukasi. 2) Peranan KKG PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional
guru PAI terlihat pada intensnya kegiatan yang dilaksanakan, seperti meningkatkan
efektifitas pembelajaran, meningkatkan kreatifitas dan skil serta meningkatkan
pengetahuan dan wawasan guru PAI. 3) Faktor pendukung kompetensi profesional
guru PAI adalah pengalaman guru dalam melaksanakan proses pembelajaran,
kedisiplinan, kebijakan kepala sekolah serta lingkungan sekolah yang kondusif.
Sedangkan faktor penghambat adalah sarana dan prasarana sekolah, minimnya
kemampuan guru menggunakan media elektronik, alokasi waktu pelajaran yang
kurang, serta seringnya pergantian kurikulum. Adapun solusinya yaitu KKG PAI
lebih intes melaksanakan kegiatan pengembangan kompetensi profesional guru
dalam pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran, serta tetap konsisten
menjadi wadah pembinaan kompetensi profesional guru PAI dan KKG PAI perlu
diberdayakan secara optimal, terorganisir dan berkesinambungan.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Pengurus KKG PAI lebih proaktiv
memotivasi guru PAI dalam meningkatkan kompetensinya. 2) Pengurus KKG PAI
aktif dalam pembinaan terhadap guru PAI. 3) KKG PAI menerima saran dan
masukan dari berbagai pihak.
Tidak tersedia versi lain