Text
TESIS:Peranan Inovasi Guru Agama dalam Meningkatkan Kinerja pada Madrasah Ibtidaiyah di Kota Gorontalo
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara umum tentang
langkah-langkah strategis para guru agama dalam meningkatkan kinerja guru pada
Madrasah Ibtidaiyah di Kota Gorontalo. Permasalahan pokok adalah bagaimana peran
guru agama sebagai inovator dalam kegiatan belajar mengajar, bagaimana pengaruh
inovasi guru agama dalam meningkatkan kinerja guru dan apa upaya pengembangan
inovasi guru serta faktor apa yang menghambat peningkatan kinerja guru pada
Madrasah Ibtidaiyah di Kota Gorontalo dan apa solusinya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan Naturalistik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan
data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis
secara kualitatif dengan menggunakan cara triangulasi sumber dan metode.
Dari hasil penelitian ini, ditemukan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bahwa inovasi guru agama di Madrasah Ibtidaiyah Kota Gorontalo sudah baik, hal
ini dapat dilihat dari peningkatan kinerja guru dalam menjalankan tugas dan
tanggung jawab, di samping itu pula guru yang ada di MI Kota Gorontalo secara
simultan memiliki komitmen yang tinggi dalam menjalankan disiplin dan tugas
pembelajaran
2. Upaya peningkatan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Kota Gorontalo adalah
kepala-kepala madrasah senantiasa memotivasi guru yang belum mengikuti
penyetaraan S1 maupun S2 agar dapat melanjutkan studinya, mengikutsertakan guru
pada kegiatan seminar dan pelatihan, membentuk kelompok kerja guru dan
mengadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
3. Belum lengkapnya fasilitas dan sikap mental sebagian guru yang konservatif dan
merasa puas dengan apa yang dimilikinya, dan disiplin merupakan faktor
penghambat dalam peningkatan kinerja guru mutu guru di MI Kota Gorontalo. Ada
beberapa solusi yang dilakukan adalah (1) perlunya pembinaan kepada para guru
agar lebih meningkatkan disiplin diri, terutama sikap mental agar menerima
perubahan-perubahan yang lebih mengarah pada tuntutan dunia pendidikan masa
kini. (2) Perlunya pengadaan sarana dan pra sarana serta sumber dana yang lebihx
besar dalam mendukung inovasi dan peningkatan kinerja guru di MI Kota
Gorontalo, (3) Kepala madrasah dan guru terus membenahi dan meningkatkan
profesionalitas melalui keikutsertaan dalam berbagai pendidikan latihan, dan
seminar-seminar yang mendukung inovasi guru.
Implikasi penelitian ini diharapkan memberi solusi dalam memecahkan
berbagai tantangan di kalangan guru madrasah Ibtidaiyah di Kota Gorontalo.
Kemampuan guru dalam mengembangkan proses pembelajaran di dalam kelas
menjadi tuntutan dalam peningkatan profesionalisme guru. Disamping itu inovasi
guru merupakan bagian dari peningkatan kinerja, semakin baik tinggi inovasi guru
maka semakin tinggi pula kinerja.
Tidak tersedia versi lain