Text
TESIS:Implementasi Metode Pemberian Tugas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Sengkang
Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana gambaran pelaksanaan metode
pemberian tugas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2
Sengkang, bagaimana gambaran hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMA
Negeri 2 Sengkang serta bagaimana peranan metode pemberian tugas dalam
meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 2 Sengkang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan metode
pemberian tugas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2
Sengkang, gambaran hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMA Negeri 2
Sengkang serta mengetahui peranan metode pemberian tugas dalam meningkatkan hasil
belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 2 Sengkang.
Untuk mengoptimalkan permasalahan di atas, penulis pecahkan masalah dengan
cara wawancara, survey dan dokumentasi. Kemudian dianalisis secara kualitatif
deskriptif sesuai dengan kaidah penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Gambaran pelaksanaan metode pemberian
tugas pada siswa SMA Negeri 2 Sengkang sangat penting dan memiliki fungsi yang
sangat signifikan utamanya dalam upaya peningkatan belajar siswa, fungsi tersebut
tentunya tidak terlepas dari kompetensi guru baik guru umum maupun guru pendidikan
agama Islamtermasuk strategi pembelajaran seperti halnya metode pemberian tugas.
Gambaran hasil pemberian tugas kaitannya dengan upaya peningkatan motivasi hasil
belajar siswa pada SMA Negeri 2 Sengkang dinilai sangat efektif. Hal ini dibuktikan
sesuai hasil wawancara yang telah diberikan kepada responden, mayoritas responden
mengatakan bahwa metode pemberian tugas sangat efektif bahkan membantu siswa
dalam meningkatkan motivasi belajar di luar sekolah. Hal ini berindikasi terhadap
tingginya prestasi yang diraih oleh siswa-siswi SMA Negeri 2 Sengkang Kabupaten
Wajo. Peranan metode pemberian tugas dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikanix
Agama Islam sangat penting hal ini terbukti bahwa metode tersebut dapat meningkatkan
kualitas output/luaran SMA Negeri 2 Sengkang, hasil yang dicapai siswa dalam proses
pembelajaran tersebut juga sangat termotivasi sehingga keberhasilan dapat terwujud
sesuai yang diharapkan.
Implikasi penelitian mencakup: 1). Dalam rangka upaya peningkatan persaingan
antar lembaga pendidikan saat ini diperlukan sinergitas semua pihak agar pencapaian
tujuan pendidikan dapat terwujud, utamanya pegelola sekolah, komite sekolah serta
lingkungan sekolah yang satu dengan yang lain tidak dapat dipisahkan. 2). Kepada para
guru SMA yang ada di Kabupaten Wajo kiranya menjalankan tugasnya diikuti dengan
tingkat kedisiplinan utamanya guru yang ada di SMA Negeri 2 Sengkang agar proses
pembelajaran dapat ebih efektif dan efisien. 3). Pemerintah Kabupaten Wajo dalam hal
ini para Kepala Tingkat Satuan Pendidikan kiranya dapat memberikan pembinaan dan
perhatian kepada para guru utamanya penggunaan strategi pembelajaran agar proses
pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien
Tidak tersedia versi lain