Text
TESIS:Peningkatan Kualitas Pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terpadu Al-Ishlah Kota Gorontalo (Studi tentang Pengelolaan Pembelajaran)
Tujuan penelitian ini adalah; Untuk mendeskripsikan konsep peningkatan
kualitas pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terpadu Al-Ishlah Kota
Gorontalo; Adapun pokok permasalahan tesis ini adalah bagaimana peningkatan
kualitas pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terpadu Al-Ishlah Kota
Gorontalo, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat, dan bagaimana
solusinya, serta bagaimana upaya peningkatan kualitas pendidikan pada Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Terpadu Al-Ishlah Kota Gorontalo?
Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan pedagogis, psikologis, dan manajerial. Metode yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peningkatan kualitas
pendidikan pada MI Terpadu Al-Ishlah Kota Gorontalo; Pendukung, antara lain,
dukungan orang tua semakin baik, kesadaran dan tanggung jawab guru semakin
kongkrit, kerjasama semua pihak yang terlibat berjalan dengan harmonis.
Penghambat, mutasi belum sesuai kalender pendidikan, belum terbangunnya
harmonisasi hubungan antara pemerintah kelurahan, masyarakat dengan
penyelenggara pendidikan di MI Terpadu Al-Ishlah Kota Gorontalo, kurangnya
media pembelajaran. Solusi yakni; membangun hubungan baik dengan pihak yayasan
dan orang tua serta masyarakat, memberikan kesempatan kepada guru untuk
mengikuti pelatihan dalam rangka mengembangkan kompetensinya, bekerjasama
dengan bidang-bidang kepengawasan baik di DEPDIKNAS dan KEMENAG.
Memfasilitasi guru dalam berkreasi dan berinovasi. Memberlakukan tata tertib guru
dan peserta didik. Upaya peningkatan kualitas pendidikan; melalui persiapan guru
dalam merencanakan proses pembelajaran, berkreasi dan berinovasi, melengkapi
seluruh perangkat pembelajaran, adapun tolok ukurnya adalah peningkatan nilai
evaluasi, perubahan sikap dan perilaku peserta didik, serta meningkatnya motivasi
belajar peserta didik.
Implikasi hasil merekomendasikan kepada seluruh personal MI Terpadu
Al-Ishlah Kota Gorontalo agar meningkatkan komitmen yang tinggi dalam
mengimplementasikan seluruh program peningkatan mutu pendidikan. Kepada orang
tua dan pemerintah kiranya dapat memberikan dukungan yang maksimal baik terkait
dengan penyediaan fasilitas pembelajaran maupun kebutuhan sarana pendukung
peningkatan mutu pendidikan di MI Terpadu Al-Ishlah Kota Gorontalo
Tidak tersedia versi lain