Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Manajemen Berbasis Madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Model di Kota Gorontalo (Studi tentang Pengelolaan Satuan
Pendidikan)
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Manajemen Berbasis Madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model di Kota Gorontalo (Studi tentang Pengelolaan Satuan Pendidikan)

Selviyanti Ransi Toma - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Berbasis Madrasah pada
MAN Model Gorontalo, Studi tentang Pengelolaan Satuan Pendidikan Secara khusus penelitian
ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan: (1) Penerapan Manajemen Berbasis
Madrasah, (2) Upaya-upaya yang dilakukan oleh manajemen madrasah dalam penerapan
Manajemen Berbasis Madrasah, (3) Hambatan penerapan Manajemen Berbasis Madrasah pada
Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
adalah: (1) pengamatan, (2) wawancara, (3) kajian dokumentasi dan pustaka, (4) membuat
catatan lapangan, (5) membuat rekaman data, dengan tahapan penelitian: (a) orientasi, (b)
eksplorasi, (c) validasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) MAN Model Gorontalo telah menerapkan
Manajemen Berbasis Madrasah dibawah komando kepala madrasah dengan indikator inisiatif
madrasah untuk mengelola secara mandiri kekuatan madrasah dengan jalan memberdayakan
sumber daya yang dimiliki di berbagai bidang, seperti: (a) masyarakat melalui komite madrasah
yang secara demokratis, (b) manajemen kurikulum yang dirumuskan sendiri oleh madrasah
sesuai dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), (c) manajemen sumber daya
manusia guna pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan yang professional, d) manajemen
sarana dan prasarana yang diarahkan untuk terpenuhinya sarana dan prasarana penunjang
program pembelajaran di madrasah, (e) manajemen pembiyaan dalam rangka akuntabilitas
pembiayaan madrasah baik kepada pemerintah serta masyarakat. (2) manajemen MAN Model
Gorontalo telah melakukan upaya-upaya guna penerapan MBM melalui konsolidasi pada
berbagai lini organisasi MAN Model Gorontalo seperti: a) komite madrasah, b) kurikulum c)
sumber daya manusia, d) sarana dan prasarana. Selanjutnya upaya konsolidasi tersebut
dilakukan dngan pendekatan seperti: a) costumer service satisfaction, yakni usaha madrasah
untuk selalu memuaskan pelanggan madrasah melalui pelayanan prima, b) continuous
improvement, dalam hal ini madrasah terus beruapaya berinovasi agar terjadi pengembangan
madrasah secara terus menerus c) speaking with fact, dalam artian bahwa dalam merumuskan
kebijakan berdasarkan fakta d) respect all people. membangun budaya diantara stakecholders
madrasah agar memiliki jiwa, budaya, kebiasaan yang respect kepada semua. (3) teradapat
hambatan dalam implementasi MBM pada MAN Model Gorontalo seperti: (a) terkadang guru
bahkan mungkin pihak-pihak terkait dengan penerapan Manajemen Berbasis Madrasah belumxii
menyadari pentingnya MBM dalam upaya pengembangan potensi madrasah secara mandiri.
Solusinya telah diupayakan melalui sosialisasi pentingnya MBM dalam pengembangan
madrasah, (b) kebijakan pemerintah daerah yang mengagendakan sekolah gratis bebas pungutan
tanpa disertai kajian atas solusinya. Solusi madrasah atas hal ini adalah dengan menyertakan
orang tua siswa melalui komite madrasah dalam setiap pengambilan keputusan terkait dengan
kebijakan madrasah terlebih menyangkut dana.
Implikasi penelitian diharapkan manajemen MAN Model Gorontalo sebagai berikut: (1)
penerapan MBM pada MAN Model Gorontalo telah dilakukan dengan baik dimana peran serta
stakeholder madrasah punya peran yang signifikan dalam pengambilan keputusan di madrasah.
Oleh karenanya ini harus terus dipertahankan. (2) Upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini
dalam hal penerapan Manajemen Berbasis Madrasah, merupakan contoh yang cukup berhasil,
oleh karena itu upaya-upaya tersebut hendaknya tetap dipertahankan bahkan secara terus
menerus berusaha meningkatkannya. (3) hendaknya manajemen madrasah harus terus
menganalisa atau mengukur kemampuan yang dimilikinya untuk menjadi dasar bagi alternatif
pengembangan madrasah di masa depan.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100208180
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN ISLAM., 2011
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?