Text
TESIS:Efektivitas Kinerja Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTs Alkhairat Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli.
Tesis ini membahas tentang efektivitas kinerja guru dalam meningkatkan prestasi
belajar peserta didik di MTs Alkhairat Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli. Oleh karena
itu, permasalahan mendasar yang melatar belakangi penelitian ini adalah memberikan
suatu gambaran tentang bagaimana peningkatan prestasi belajar peserta didik di MTS
Alkhairat Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli, dan sejauhmana efektivitas kinerja guru
berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatkan prestasi belajar peserta didik di
MTs Alkhairat Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli.
Penelitian ini adalah bentuk penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, sesuai
objek kajian penelitian ini disebut penelitian survey yakni penelitian yang mengambil
sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data
yang pokok, sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian deskriptif. Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran
secermat mungkin mengenai efektivitas kinerja guru dalam meningkatkan prestasi belajar
peserta didik di MTs Alkhairat Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli, berdasarkan faktafakta di lapangan yang terdapat dalam masalah yang di selidiki.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar peserta didik
di MTS Alkhairat Kelurahan Baru Kabupaten Tolitoli dipengaruhi oleh efektivitas
kinerja guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik telah direalisasikan oleh
seluruh komponen guru termasuk kepala sekolah, dalam pelaksanaannya telah
menunjukkan hasil yang positif dan signifikan sebagaimana yang diharapkan. Hal ini
selain terkait adanya kesadaran guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai
penentu keberhasilan dalam proses pembelajaran, serta dengan adanya kerjasama,
komunikasi yang baik bagi seluruh stakeholder madrasah dalam mewujudkan tujuan yang
diharapkan bersama dan juga sebagai tujuan pendidikan nasional.
Temuan atau implikasi penelitian ini adalah pentingnya guru memiliki
kemampuan intelektual yang tinggi, disamping kedisiplinan, keterampilan dan etos kerja
dalam mewujudkan pelaksanaan proses pembelajaran yang bermutu. Hal ini merupakan
perwujudan dari tugas dan fungsi tenaga pengajar/guru itu sendiri, sehingga dalam hal
peningkatan prestasi belajar peserta didik dapat terlaksana dengan baik, melalui
keterampilan gru dalam mengimlementasikan efektivitas kinerja guru untuk menjawab
problematika yang dihadapi oleh peserta didik
Tidak tersedia versi lain