Text
TESIS:PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN SINJAI KABUPATEN SINJAI
Tesis ini membahas tentang pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam
meningkatkan kinerja guru di MTsN Sinjai. Pokok permasalahannya adalah
bagaimana pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru
di MTsN Sinjai.
Penelitian tesis ini adalah penelitian lapangan. Pendekaqtan yang digunakan
adalah pendekatan pedagogis dan pendekatan nyuridis. Sampel diambil dengan teknik
sampel jenuh karena semua populasi dijadikan sampel sebanyak 30 orang. Teknik
pengumpulan data menggunkana teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan
angket. Metode pengolahan data dengan analisis pengolahan data kuantitatif dengan
jalan persentase sederhana ( P = F / N x 100 % ).
Dari hasil penelitian dilapangan berdasarkan hasil pengolahan data bahwa ada
dua aspek supervisi yang dilaksanakan oleh kepala madrasah yaitu aspek kegiatan
pembelajaran diperoleh hasil terlaksana dengan baik berdasarkan hasil pengolahan
data, 21 responden atau 72,42 menjawab selalu. Sedangkan aspek pelaksanaan tugas
ada 19 responden atau 65,52 persen menjawab selalau %, artinya pelaksanaan
supervisi oleh kepala madrasah masuk dalam kategori tinggi. Adapun tingkat kinerja
guru yang diukur berdasarkan item-item pertanyaan dalam angket diperoleh data
bahwa tingkat kinerja guru termasuk tinggi karena ada 21 responden atau 72,42
persen yang menjawab selalu.Upaya-upaya kepala madrasah untuk meningkatkan
kinerja guru yaitu dengan teknik perorangan dan teknik kelompok.
Implikasi penelitian ini adalah kiranya pihak madrasah, kepala madrasah,
guru hendaknya memperhatikan dan berusaha meningkatkan kinerja dalam rangka
perbaikan mutu pendidikan di tanah air. Pihak yang berkepentingan dengan
pendidikan hendaknya memberikan kesempatan kepada kepala madarasah dan guru
untuk mengembangkan kompetensi termasuk pemberian izin belajar.
Tidak tersedia versi lain