Text
TESIS:PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MA’RANG PANGKEP
Bab pertama, Pendahuluan. Dalam bab pendahuluan peneliti mengemukakan
tentang hal-hal yang melatar belakangi ditelitinya topik objek penelitian ini.
Berangkat dari uraian pada latar belakang masalah, kemudian peneliti merumuskan
masalahnya dan memberikan hipotesis sebagai dugaan sementara dalam penelitian.
Selanjutnya, untuk menghindari adanya penafsiran yang bias dan untuk membatasi
pembahasan dalam penelitian dengan tujuan lebih fokus, peneliti menjelaskan
depinisi operasional dan ruang lingkup penelitian. Pada bagian akhir bab ini
kemudian dikemukakan tujuan dan kegunaan penelitian.
Bab kedua, Tinjauan Teoretis. Dalam bab ini, peneliti menguraikan tentang
tinjauan umum teknologi pembelajaran, landasan teori, karakteristik teknologi14
pembelajaran, media pembelajaran, dan model pembelajaran langsung. Selanjutnya,
tinjauan tentang hasil belajar yang meliputi pengertian dan hal-hal yang
mempengaruhi hasil belajar, serta membahas kajian yang relevan dengan penelitian
tesis ini. Kemudian bagian akhir yang merupakan bagian penutup bab ini diuraikan
kerangka pikir penelitian.
Bab ketiga, Metodologi Penelitian. Dalam bab ini, peneliti menguraikan
tentang metode yang digunakan dalam tahap-tahap penelitian yang meliputi: lokasi
dan jenis penelitian, pendekatan penelitian, desain penelitian, variabel penelitian,
populasi dan sampel, instrument penelitian, prosedur pengumpulan data, dan teknik
analisis data. Uraian pada bab ini menjadi acuan dalam meneliti dan menguraikan
hasil penelitian.
Bab keempat, Hasil Penelitian dan Pembahasan. Pada sub bab hasil penelitian
dideskripsikan hasil penelitian, yaitu, deskripsi tentang kondisi objektif penggunaan
teknologi visual pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Ma’rang Pangkep. Selanjutnya, deskripsi faktor penghambat dan
faktor pendukung penggunaan teknologi visual pada pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ma’rang Pangkep. Serta
deskripsi pengaruh penggunaan teknologi visual pada pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam terhadap hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan
perbedaannya dengan siswa kelompok kontrol tanpa menggunakan teknologi
pembelajaran. Pada pembahasan penelitian ini, akan diuraikan kondisi objektif
penggunaan teknologi visual pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Ma’rang Pangkep dan diuraikan faktor penghambat15
dan faktor pendukung penggunaan teknologi visual pada pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Ma’rang Pangkep serta deskripsi
pengaruh penggunaan teknologi visual pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
terhadap hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan perbedaannya dengan siswa
kelompok kontrol tanpa menggunakan teknologi pembelajaran.
Bab kelima, Penutup. Pada bab penutup yang berisi tentang kesimpulan dari
pembahasan hasil penelitian. Dalam bab ini sekaligus tertera jawaban dari rumusan
masalah yang telah dirumuskan pada bab pertama. selain kesimpulan pada bab ini
juga dikemukakan implikasi penelitian sebagai harapan penulis dalam menindak
lanjuti hasil penelitian tesis ini yang telah dilakukan.
Tidak tersedia versi lain