Text
TESIS:Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Pada MTs Negeri Maros Baru Kabupaten Maros
Tesis ini berjudul gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan
motivasi kerja guru pada MTs Negeri Maros Baru Kabupaten Maros. Fokusnya
adalah gaya kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja guru. Tujuan
penelitian ini adalah 1) untuk medeskripsikan gaya kepemimpinan kepala Madrasah
dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada MTs Negeri Maros Baru 2) untuk
mengetahui dan mengungkapkan faktor pendukung gaya kepemimpinan kepala
madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada MTs Negeri Maros Baru
Kabupaten Maros, 3) untuk menganalisis wujud gaya kepemimpinan kepala
madrasah dapat meningkatkan motivasi kerja guru pada MTs Negeri Maros Baru
kabupaten Maros.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan
pendekatan kepemimpinan, pedagogik, psikologis, dan manajerial.Sebagai penelitian
kualitatif sumber data adalah kepala madrasah, guru, teknik pengumpulan datanya
adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian diolah dan
dianalisis dengan menggunakan 3 cara: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3)
verifikasi data..
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan yang
demokratis kepala madrasah mendorong motivasi kerja guru pada MTs Negeri
Maros Baru Kabupaten Maros. 2) sikap keteladanan, partisipasi kebersamaan,
kepatuhan, kerelaan berkorban, sangat dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan
gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja guru pada MTs Negeri Maros Baru 3)
Motivasi kerja guru pada MTs Negeri Maros Baru Kabupaten Maros relatip baik
terlihat beberapa indikasi, ingin berprestasi lebih baik dari guru lainnya, merasa
malu meninggalkan pekerjaan tanpa alasan yang jelas, profesi guru itu mulia,
tanggung jawab yang tinggi, dan pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik.
Implikasi penelitian memperhatikan perlunya seorang pemimpin
memperhatikan bawahannya dengan memotivasi mereka melalui Beberapa hal yang
perlu direkomendasikan untuk diterapkan oleh pengelolah pendidikan dan guru
madrasah diataranya; (1) Seorang pemimpin kepala madrasah harus memiliki gaya
kepemimpinan yang variatif, artinya kemampuan seorang pemimpin menyesuaikan
diri dengan kondisi atau lingkungan organisasi yang dipimpinnya (2) Perilaku
kepemimpinan yang perlu mendapat perhatian utama adalah sikap keteladanan,
partisifatif, kerelaan berkorban, kebersamaan, kepatuhan, dan fasilitas sangat
dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan gaya kepemimpinan (3) diharapkan
setiap pimpinan segera mengevaluasi kembali gaya kepemimpinannya selama ini,
dan beruasaha meningkatkan kemampuannya mendorong motivasi kerja guru yang
dipimpinnya.
Tidak tersedia versi lain