Text
TESIS:URGENSI MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI POSO PESISIR KABUPATEN POSO
Tesis ini membahas masalah urgensi motivasi dalam meningkatkan kinerja
guru pada Madarasah Tsanawiyah Negeri Poso Pesisir Kabupaten Poso. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi dan kinerja guru pada
Madrasah Tsanawiyah Negeri Poso Pesisir Kabupaten Poso, untuk mengetahui
sejauh mana urgensi motivasi oleh Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja
guru pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Poso Pesisir Kabupaten Poso dan untuk
mengetahui serta menganalisis bagaimana kendala dalam memotivasi kinerja guru
pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Poso Pesisir Kabupaten Poso.
Untuk memperoleh jawaban dari permasalahan tersebut, penulis
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan sosiologis,
pendekatan psikologis, dan pendekatan edukatif. Teknik pengumpulan data dalam
bentuk observasi, wawancara angket, dokumentasi, dan penelusuran refenrensi.
Data-data yang telah diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis secara kuantitatif
dengan menggunakan rumus frekwensi kumulatif.
Berdasarkan penelitian penulis bahwa kinerja guru pada Madrasah
Tsanawiyah Negeri Poso Pesisir Kabupaten Poso sudah tinggi, tetapi belum semua
guru memiliki kinerja yang memuaskan, sebab motivasi berbeda-beda dalam
menjalankan pekerjaannya. Upaya kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja
guru adalah dengan memberikan harapan dan insentif kepada setiap guru yang
berprestasi. Kendala yang dihadapi dalam memotivasi kinerja guru adalah karena
tingkat motivasi kinerja guru berbeda-beda, hal ini menyulitkan pimpinan dalam
mengetahui motivasi kerja setiap bawahan, di samping itu keterbatasan sekolah
dalam memberikan reward kepada setiap guru yang berprestasi.
Implikasi dari penelitian ini adalah perlu adanya usaha-usaha yang
mendorong guru ke arah sikap inisiatif, kreatif dan inovatif, diharapkan kibijakan
dan komitmen pemimpin untuk memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada
setiap guru untuk mnenyampaikan gagasannya yang berkaitan dengan tugasnya dan
maksimalkan fungsionaliasi kepala madrasah dalm meningkatkan kinerja guru
dengan selalu memberikan motif, insentif, harapan dan penghargaan atas segala
upaya yang dilakukan
Tidak tersedia versi lain