n Hadis diketahui dengan uji Anova satu jalur, yaitu Fhitung = 91,84 ≥ Ftabel = 3,86 dan hasil uji t yaitu didapat t (hitung) sebesar 15,00 > t tabel (2; 40) = 2,201 berarti Ho ditolak atau Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara media pembelajaran proyektor LCD dan hasil belajar al-Qur’an Hadis. Berdasarkan perhitungan tersebut, hipotesis dapat ditafsirkan bahwa media pembelajaran proyektor LCD memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar al-Qur’an Hadis peserta didik dapat diterima. Implikasi dari hasil penelitian diketahui bahwa pengaruh media pembelajaran al-Qur’a>n Hadis memberikan nilai yang signifikan. Temuan di atas bisa dijadikan sebagai bahan yang akan dijadikan agenda oleh pihak sekolah untuk meningkatkan peranan pendidik dalam pengembangan dalam penggunaan media pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran al-Qur’a>n Hadis serta untuk mengetahui hambatan dalam proses pembelajaran." />
Text
TESIS:Pengaruh Media Pembelajaran al-Qur’a>n Hadis terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Binamu Kabupaten Jeneponto.
Pokok permasalahan tesis ini adalah bagaimana penggunaan media
pembelajaran al-Qur’a>n Hadis dengan menggunakan proyektor LCD (Liquid Crystal
Dysplay) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di MAN
Binamu Jeneponto tahun ajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah studi eksperimen. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan pedagogis, psikologis, teologis normatif, dan yuridis. Sampel di
ambil dengan teknik purposive sampling peserta didik dengan jumlah 40 responden,
yaitu kelas XI di MAN Binamu Kabupaten Jeneponto. Pengolahan data menggunakan
analisis person product moment, yakni dengan menghitung korelasi hasil pree test dan
post test peserta didik dan nilai semester al-Qur’a>n Hadis semester genap tahun ajaran
2010/2011. Hasil korelasi selanjutnya dihitung dengan thitung dan regresi untuk menguji
hipotesis.
Hasil penelitian menggambarkan penggunaan media pembelajaran
menunjukkan kategori sangat tinggi dan bernilai positif atau secara akumulatif
sebesar 77,50. Nilai rata-rata al-Qur’a>n Hadis sebesar 80,25 dan bila nilai ini
didasarkan dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu dengan standar nilai
"70" maka semua responden dinyatakan tuntas. Pengaruh pelaksanaan media
pembelajaran terhadap hasil belajar al-Qur’a>n Hadis diketahui dengan uji Anova
satu jalur, yaitu Fhitung = 91,84 ≥ Ftabel = 3,86 dan hasil uji t yaitu didapat t (hitung)
sebesar 15,00 > t tabel (2; 40) = 2,201 berarti Ho ditolak atau Ha diterima, artinya
terdapat hubungan yang signifikan antara media pembelajaran proyektor LCD dan
hasil belajar al-Qur’an Hadis. Berdasarkan perhitungan tersebut, hipotesis dapat
ditafsirkan bahwa media pembelajaran proyektor LCD memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar al-Qur’an Hadis peserta didik dapat diterima.
Implikasi dari hasil penelitian diketahui bahwa pengaruh media pembelajaran
al-Qur’a>n Hadis memberikan nilai yang signifikan. Temuan di atas bisa dijadikan
sebagai bahan yang akan dijadikan agenda oleh pihak sekolah untuk meningkatkan
peranan pendidik dalam pengembangan dalam penggunaan media pembelajaran,
pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran al-Qur’a>n Hadis serta untuk mengetahui
hambatan dalam proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain