Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Intelektual Terhadap
Prestasi Belajar Siswa MTs. As’adiyah Putra 1 Sengkang
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs. As’adiyah Putra 1 Sengkang

Hj. HUSNAH ABU NAWAS - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara motivasi belajar
dan kecerdasan Intelektual siswa dengan prestasi belajar siswa MTs. As’adiyah
Putra 1 Sengkang tahun pelajaran 2010/2011. Dalam penelitian ini diajukan 3 (tiga)
hipotesis, yaitu terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar
siswa, terdapat hubungan antara kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar
siswa, dan terdapat hubungan antara motivasi belajar dan kecerdasan inteletual
secara bersama-sama (simultan) dengan prestasi belajar siswa
Sebanyak 100 siswa (30,86%), dipilih dari 324 siswa dengan sampel
random menjadi sampel penelitian ini. Untuk membantu proses pengumpulan data
telah digunakan alat pengumpul data berupa tes, angket, dan dokumentasi.
Selanjutnya, data terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi,
baik regresi sederhana maupun ganda.
Hasil análisis regresi sederhana ( Y’= a+bX) menunjukkan bahwa (1) Y’ =
36.21 + 0.29 X1. Sementara nilai F = 8.87, karena itu hipotesis nol (H0) ditolak,
dengan hipotesis alternatif (Ha) diterima, pada α = 0.05. Hal ini berarti bahwa
terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi
belajar PAI siswa. Artinya setiap terjadi variasi yang kearah positif (naik) dari
motivasi belajar, akan menyebabkan kenaikan (positif) pada variabel prestasi
belajar PAI siswa, biarpun kekuatan determinasinya hanya sebesar 8.3%. (2)
Persamaan Y’ = a + bX2 adalah Y’ = 14.16 + 0.42 X2. Sementara nilai F = 13.66,
karena itu hipotesis nol (H0) ditolak, dengan hipotesis alternatif (Ha) diterima, pada
α = 0.05. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara
kecerdasan intelektual dan prestasi belajar siswa. Artinya, setiap terjadi variasi
yang kearah positif (naik) dari kecerdasan intelektual, akan menyebabkan kenaikan
(positif) pada variabel prestasi belajar siswa, biarpun kekuatan determinasinya
hanya sebesar 12.2%. (3) Analisis regesi ganda dengan persamaan Y’ = a + b1X1 +
b2X2, adalah Y’ = 4.00 + 0.23 X1 + 0.27 X2. Sementara nilai F = 10.013, karena itu
hipotesis nol (H0) ditolak, dengan hipotesis alternatif (Ha) diterima, pada α = 0.05.
Artinya untuk setiap kenaikan 1 unit satuan motivasi belajar siswa (X1) dan
kecerdasan intelektual siswa (X2) akan diikuti kenaikan prestasi belajar siswa (Y)
sebesar 0.23 pada variabel motivasi belajar siswa dan 0.27 pada variabel kecerdasan
intelektual (X2) pada bilangan konstan 4.00. Hal ini berarti bahwa terdapat
hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dan kecerdasan intelektual
secara bersama-sama terhadap prestasi siswa, biarpun kekuatan determinasinya
hanya sebesar 17.1%.
Oleh karena itu, motivasi belajar dan kecerdasan intelektual siswa, sangat
diperlukan perhatian yang serius, sebagai upaya peningkatan prestasi belajar siswa
MTs. As’adiyah Putra 1 Sengkang


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100208217
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN ISLAM., 2011
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?