Text
TESIS:Tugas Pengawas Pendais dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI pada MTs DDI Cambalagi Kabupaten Maros
Tesis ini berjudul Peranan Pengawas Pendais dalam Meningkatkan Mutu
Pembelajaran PAI pada MTs DDI Cambalagi Kabupaten Maros. Tujuan penelitian
ini adalah (1) untuk medeskripsikan dengan jelas pelaksanaan tugas pengawas
pendais dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada MTs DDI Cambalagi, (2)
untuk mengungkap faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan tugas pengawas
pendais dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada MTs DDI Cambalagi,
dan (3) untuk menganalisis upaya yang dilakukan pengawas pendais dalam
meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada MTs DDI Cambalagi
Penelitian ini berlokasi di MTs DDI Cambalagi Kab. Maros. Jenis penelitian
adalah penelitian kualitatif, pendekatannya adalah pedagogis, sosiologis, dan
psykologis, dan religius. Sumber data penelitian ini terdiri atas kepala MTs DDI
Cambalagi, pengawas pendais, dan guru PAI sebagai informan. Pengumpulan data
menggunakan wawancara, dokumentasi,dan observasi. Teknik analisis/pengolahan
data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) pengawas pendais kurang
melaksanakan tugasnya secara maksimal sebagai motivator, koordinator, supervisor,
edukator, dan sebagai administrator. Hal ini disebabkan karena keterbatasan jumlah
pengawas dan pengawas yang ada direkrut dari tenaga non kependidikan yang
hampir pensiun, sementara para guru dan staf membutuhkan bantuan pengawas
dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada MTs DDI Cambalagi,2) Faktor
pendukung pelaksanaan tugas pengawas pendais adalah (a) Keterlibatan aktif kepala
madrasah dalam memonitoring pembelajaran PAI, (b) Media pembelajaran cukup
memadai sehingga guru PAI dapat menggunakan media dalam proses pembelajaran,
dan (c) sesama rekan guru saling bekerjasama. Sejumlah hambatan-hambatan yang
dihadapi pengawas pendais dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI adalah (a)
terbatasnya waktu untuk melakukan pengamatan (observasi) terhadap proses
pembelajaran dikelas, dan (b) kehadiran pengawas di madrasah dirasakan sebagai
beban atau menimbulkan kerepotan bagi guru 3) upaya pengawas pendais dalam
meningkatkan mutu pembelajaran guru pada MTs. DDI Cambalagi adalah Menyusun
rencana proses pembelajaran dengan baik, Melaksanakan kegiatan program
pembelajaran semaksimal mungkin, Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar,
Mengikutkan guru dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan, Mengembangkanxiv
silabus, kedisiplnan waktu kehadiran, kepulangan, dan berpakaian. penataan
kelembagaan madrasah, optimalisasi pelaksanaan tugas guru madrasah
Implikasi dari kegiatan tersebut diharapkan: (1) orientasi ke depan sebaiknya
seorang pengawas berkualifikasi ijazah magister atau doktor, karena yang dibimbing
adalah kebanyakan strata satu (S-1), (2) dalam peningkatan mutu pembelajaran guru
di MTs DDI Cambalagi Kabupaten Maros, pengawas perlu mempertahankan dan
meningkatkan intensitas pembinaan, dan (3) pengangkatan atau penempatan seorang
sebagai pengawas, hendaknya direkrut dari kalangan tenaga kependidikan yang
profesional, bukan dari kalangan tenaga administrasi yang hampir pensiun.
Tidak tersedia versi lain