Text
TESIS:Partisipasi Majelis Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Madrasah di Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo.
Tesis ini mengkaji tentang partisipasi Majelis Madrasah dalam meningkatkan
mutu pendidikan di Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo, untuk mendapatkan
gambaran mengenai kondisi objektif pengurus serta peran dan fungsi yang dilakukan
dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.
Secara umum, penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersipat
deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif, dan menarik
kesimpulan melalui metode deduktif dan induktif. Sedangkan data kualitatif yang
diperoleh, didukung dengan data kuantitatif untuk menjelaskan masalah melalui
pernyataan argumentatif. Dalam hal ini, data diperoleh melalui penelitian lapangan
dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pada dasarnya, Majelis Madrasah di
Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo telah berpartisipasi melalui peran sebagai pemberi
masukan, pembantu finansial, tenaga, dan pikiran, dan sebagai pengontrol dan
mediator sesuai pedoman yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerianxxi
Agama RI. sehingga penyelenggaraan pendidikan madrasah tetap berjalan dan dapat
berkembang, namun intensitasnya perlu dimaksimalkan, mengingat banyaknya
kendala yang dihadapi madrasah dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.
Hal ini berakibat pada sumber daya pendidikan yang tetap terbatas dan jauh
dari kebutuhan penyelenggaraan pendidikan yang ideal sesuai kebutuhan dan
perkembangan global. Untuk itu, peningkatan komunikasi, kerja sama, dan
keterlibatan masyarakat dalam merumuskan kebijakan, meyusun program, dan
menyelenggarakan pendidikan melalui Majelis Madrasah sebagai wadah resmi
peberdayaan masyarakat pada tingkat satuan pendidikan, bersama pengelola madrasah
mutlak diperlukan.
Penelitian ini diharapkan berimplikasi pada meningkatnya kualitas partisipasi
masyarakat sejalan dengan kebijakan desentralisasi pendidikan oleh pemerintah, dan
pengelolaan sumber daya pendidikan yang efektif dan program yang bermutu oleh
penyelenggaran madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah.
Tidak tersedia versi lain