Text
TESIS:Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Al-Quran di MTs Negeri Kelara Jeneponto
Tesis ini membahas tentang motivasi belajar peserta didik MTs. Negeri
Kelara dalam pembelajaran Al-Quran, dan Upaya guru dalam meningkatkan
motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran Al-Quran di MTs. Negeri
Kelara Jeneponto, dan kemampuan peserta didik pada pembelajaran Al-Quran di
MTs Negeri Kelara Jeneponto.
Subjek penelitian dalam tesis ini adalah seluruh peserta didik dan guru di
MTs Negeri Kelara Jeneponto dengan jumlah peserta didik 378 orang, dan jumlah
guru 56 orang. Penentuan nara sumber dan informan dilakukan dengan menggunakan
cara purposive sampling. Dalam mengumpulkan data, dipergunakan metode
observasi, wawancara atau interviu, dokumentasi dan trianggulasi (gabungan)
dengan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri.Data yang dikumpulkan
selanjutnya diproses melalui analisis data melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi belajar peserta didik terhadap
pembelajaran Al-Quran dipengaruhi oleh motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik,
Motivasi instrinsiknya, yaitu peserta didik aktif mengikuti pembelajaran, senantiasa
membaca Al-Quran, bergairah mengikuti pembelajaran, menghafal ayat-ayat AlQuran, merasa senang dengan tugas, menginginkan hasil yang baik dalam belajar,
datang ke sekolah tepat waktu, berusaha mengatasi kesulitan belajarnya, dan
mengamalkan Al-Quran dalam kehidupannya. Sedangkan motivasi ekstrinsiknya,
yaitu: aktif mengerjakan tugas, menghafal ayat-ayat Al-Quran, adanya pujian dari
guru, aktif mengikuti perlombaan, guru memberi hadiah, adanya persaingan dalam
belajar, metode guru mengajar bervariasi, dan menggunakan alat bantu atau media
pembelajaran. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik
terhadap pembelajaran Al-Quran dilakukan dengan beberapa cara baik dilakukan di
dalam kelas pada saat pembelajaran maupun kegiatan yang dilakukan di luar kelas;
(1) membangkitkan dorongan (motivasi) kepada peserta didik; (2) menjelaskan
kepada peserta didik apa yang ingin dicapai pada akhir pengajaran; (3) memberikan
hadiah terhadap prestasi yang dicapai peserta didik; (4) membentuk kebiasaan
belajar yang baik; (5) membantu kesulitan belajar; (6) menggunakan metode yang
bervariasi; (7) perayaan hari-hari besar keagamaan; (8) mengikuti lomba seni baca
Al-Quran; (9) shalat dhuhur berjmaah dan ceramah (kultum). kemampuan membaca
Al-Quran peserta didik dalam kategori sudah mampu dan lancar membaca Al-Quran
sesuai makhrajnya, tetapi belum sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, dan kemampuan
menulis Al-Quran sudah mampu menulis huruf hijaiyah dan merangkaikan hurufnya
dalam suatu kata/kalimat beserta harakatnya. Sedangkan prestasi belajarnya sudah
mencapai SKBM.
Tidak tersedia versi lain