Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Minat Belajar
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs DDI Kanang Kabupaten
Polewali Mandar
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs DDI Kanang Kabupaten Polewali Mandar

Andi Asliani - Nama Orang;

Pokok permasalahan dalam tesis ini adalah bagaimana penerapan metode
diskusi dalam meningkatkan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs DDI
Kanang Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk
mengetahui proses penerapan metode diskusi dalam meningkatkan minat belajar
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs DDI Kanang Kabupaten Polewali Mandar, (2)
untuk merumuskan dan menganalisis faktor pendukung, penghambat dan solusi
penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs
DDI Kanang Kabupaten Polewali Mandar, dan (3) untuk mengetahui dan
mengungkapkan hasil penerapan metode diskusi dalam meningkatkan minat belajar
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs DDI Kanang Kabupaten Polewali Mandar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.
Lokasi penelitian di MTs DDI Kanang Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan multidisipliner yang meliputi pendekatan
teologis-normatif, pedagogis, psikologis, historis dan yuridis. Sumber data terdiri
atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer berupa katakata dan tindakan dan sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen terkait.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik
pengolahan dan analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan teknik
pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan analisis kasus negatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dalam
meningkatkan minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs DDI Kanang
sebagian besar telah memenuhi prosedur yang ditetapkan. Hanya saja penerapan
diskusi pada tahap pelaksanaan dan penutupan masih memerlukan pembenahan.
Faktor pendukung penerapan metode diskusi dalam pembelajaran SKI di MTs DDIxix
Kanang yang meliputi kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru (MOS), beberapa
kegiatan ekstrakurikuler dan kondisi lingkungan sekitar madrasah dapat
meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berdiskusi. Faktor penghambat
berupa perbedaan karakter peserta didik, perbedaan tingkat pemahaman peserta
didik, dan jumlah buku paket yang tidak memadai menyebabkan sebagian peserta
didik mengalami kesulitan dalam berdiskusi. Solusi terhadap faktor penghambat
berupa pemberian tugas menjelang pelaksanaan diskusi, pemberian motivasi kepada
peserta didik, pemberian kesempatan yang sama bagi peserta didik dalam diskusi,
anjuran mencari informasi tentang materi pembelajaran SKI melalui internet,
pemilihan materi diskusi yang mengandung pernyataan kontroversi, dan pengarahan
kepada peserta didik untuk mengambil i’tibar dari peristiwa yang dibahas dalam
diskusi, dapat membantu guru SKI dalam mengatasi faktor penghambat penerapan
metode diskusi.
Implikasi penelitian ini berupa saran-saran kepada pihak terkait yang perlu
ditindaklanjuti yakni: perlunya pembenahan dalam penerapan metode diskusi pada
tahap pelaksanaan dan penutupan, dan perlunya Guru SKI bekerjasama dengan
Kepala Perpustakaan dan Kepala MTs DDI Kanang mengupayakan bantuan bukubuku tambahan agar peserta didik dapat memiliki wawasan dan pemahaman yang
lebih luas tentang materi pelajaran SKI sehingga memudahkan dalam pelaksanaan
diskusi.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100209020
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN ISLAM., 2011
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?