Text
TESIS:Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo (Studi tentang Penggunaan Media Pembelajaran)
Tesis ini mengkaji tentang kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten
Boalemo (studi tentang penggunaan media pembelajaran). Permasalahan yang
penulis angkat dalam penelitian ini adalah: bagaimana kreativitas guru dalam
pengoptimalisasian pemanfaatan media pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo? bagaimana tingkat prestasi belajar
peserta didik di SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo melalui media
pembelajaran yang digunakan guru pendidikan agama Islam? Bagaimana faktorfaktor menjadi penghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran dan upaya
pemecahannya?. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitiannya
adalah untuk mendapatkan data objektif di lapangan tentang tingkat prestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Tilamuta
Kabupaten Boalemo melalui penggunaan media pembelajaran.
Untuk memperoleh hasil penelitian yang obyektif, penulis menggunakan
metodologi penelitian deskriptif kualitatif serta pengumpulan data dalam bentuk
observasi, dokumentasi, dan wawancara secara mendalam dengan para informan.
Hasil penelitian ini adalah:
1. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten
Boalemo berlangsung sesuai yang diharapkan. Hal ini ditunjukkan oleh adanya
sekitar 76,16% guru Pendidikan Agama Islam selalu menggunakan media
pembelajaran pada semua materi pelajaran.
2. Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tilamuta, sangat kreatif dalam
penggunaan media pembelajaran.
3. Penggunaan media pembelajaran turut mempengaruhi tingkat prestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1
Tilamuta. Data dukungnya adalah nilai Kreteria Ketuntasan Minimal yang
ditetapkan 70, tetapi nilai capaian adalah 83,65.
4. Faktor-faktor yang menjadi penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui penggunaan media
pembelajaran di SMP Negeri 1 Tilamuta di antaranya; adanya alokasi waktu
yang sangat minim (hanya 2 X 40 menit per minggu. Upaya pemecahannya
adalah sebelum media pembelajaran digunakan, sebaiknya guru memperhatikan
lebih dahulu kondisi belajar secara komprehensif dengan mempertimbangkan
waktu yang tersedia.
Implikasi penelitian adalah perlu dioptimalkannya kreativitas guru dalam
mengelola, menggunakan, bahkan mendesain media pembelajaran
Tidak tersedia versi lain