Text
TESIS:Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan Akhlak Siswa pada SMA Negeri 21 Makassar
Tesis ini membahas tentang Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI) dalam meningkatkan Akhlak Siswa pada SMA Negeri 21 Makassar.
Permasalahannya adalah: Gambaran pelaksanaan pembelajaran PAI di SMA Negeri
21 Makassar dalam meningkatkan akhlak siswa; Bagaimana faktor pendukung dan
penghambat dalam efektivitas pembelajaran PAI di SMA Negeri 21 Makassar dalam
meningkatkan akhlak siswa; Bagaimana upaya mengatasi kendala dalam
mengefektifkan pembelajaran PAI di SMA Negeri 21 Makassar dalam meningkatkan
akhlak siswa.
Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 21 Makassar Provinsi Sulawesi
Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penulis
melakukan penelitian langsung ke lokasi untuk mendapatkan dan mengumpulkan
data, bersifat deskriptif kualitatif artinya, penulis menganalisis dan menggambarkan
penelitian secara objektif dan mendetail untuk mendapatkan hasil yang akurat.
Pendekatan yang digunakan adalah: Pendekatan Sosiologis: digunakan untuk melihat
realitas yang terjadi di SMA Negeri 21 Makassar terkait dengan peran guru dalam
mengefektifkan pembelajaran PAI untuk meningkatkan akhlak siswa; Pendekatan
Pedagogis: digunakan karena ruang lingkup pembahasan penelitian ini berkaitan
dengan unsur-unsur pendidikan; dan Pendekatan Psikologis: dibutuhkan karena siswa
sebagai salah satu objek dalam penelitian ini merupakan bagian dari kejiwaan
(psikologis) yang perwujudannya tampak pada pengamatan melalui gejala tingkah
laku. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data utama yang
diambil langsung dari para informan, dan data ini diperoleh dengan menggunakan
metode interview (wawancara). Sedangkan data sekunder yaitu pengambilan data
dalam bentuk dokumen. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan
adalah wawanncara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran pendidikan agama
Islam berjalan efektif dalam hal meningkatkan akhlak siswa di SMA Negeri 21
Makassar. Siswa di SMA Negeri 21 Makassar menyambut pembelajaran pendidikan
agama Islam dengan sikap positif. Dengan adanya pembelajaran pendidikan agama
Islam, pengetahuan siswa bisa lebih mantap dari segi akhlak, sehingga siswa dapat
mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor Pendukung pembelajaran PAI
di SMA Negeri 21 Makassar adalah Undang Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945, Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional, Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005
tentang Guru dan Dosen, Peraturan Sekolah, Kurikulum, Tenaga Pembina, Suasana
lingkungan sekolah yang kondusif, sarana dan prasarana, peran serta orang tua siswa
melalui komite sekolah. Faktor penghambat dalam pembelajaran pendidikan agama
Islam di SMA Negeri 21 Makassar terdiri atas kendala internal yakni kendala
lingkungan fisik dan lingkungan psikologis, alokasi waktu pembelajaran pendidikanagama Islam masih minim, sarana dan prasarana yang bernuansa keislaman masih
kurang; dan kendala eksternal yakni adanya kelompok gang di luar sekolah
mempengaruhi siswa untuk bergabung dengan kelompok, masih adanya orang tua
yang tidak mendukung kebijakan sekolah, dampak dari kemajuan tekhnologi dan
globalisasi. Adapun upaya mengatasi kendala dalam pengefektifan pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMA Negeri 21 Makassar dalam meningkatkan akhlak
siswa, antara lain: Penambahan jadwal pelajaran pendidikan agama Islam, halaman
sekolah yang gersang dapat dihijaukan melalui pembuatan taman di depan kelas,
pengadaan kitab suci al-Qur’an dan buku-buku agama, membeli hiasan dinding yang
bernuansa keislaman dan memajangnya, menciptakan suasana sekolah yang kondusif,
menyiapkan alat untuk berkomunikasi langsung dengan orang tua siswa tentang
prilaku siswa di sekolah, penanganan siswa yang bermasalah sesuai prosedur, serta
meningkatkan kesejahteraan gurus dan meningkatkan kerja sama antara sekolah
dengan orang tua, masyarakat, dan instansi terkait berdasarkan good govermance.
Implikasi dari penelitian ini, diharapkan tetap mengefektifkan pembelajaran
pendidikan agama Islam agar akhlak siswa bisa meningkat. Dan kepada semua
komponen sekolah, agar tetap mendukung pelaksanaan pembelajaran pendidikan
agama Islam dalam hal akhlak.
Tidak tersedia versi lain