Text
TESIS:Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI ) dalam Pembelajaran Al-Qura>n-Hadis pada MTs Al-Fa>izun Kabupaten Bone
Tesis ini membahas tentang peningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui penerapan model ATI. Model pembelajaran ATI penting untuk diterapkan dengan pertimbangan bahwa model ATI menekankan pada penyesuaian pembelajaran dengan perbedaan kemampuan siswa, model ATI yang dikembangkan memiliki konsistensi yang sama dengan teori multi intelegensi (memfokuskan diri pada perkembangan siswa), dan model ATI mengkaji dan membahas persolan ilmiah yang berhubungan dengan masalah manusia dan lingkungan. Penelitian ini, bertujuan: 1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qura>n-Hadis melalui penerapan model pembelajaran ATI; 2) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qura>n-Hadis melalui model pembelajaran ATI.
Penulis mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B MTs al-Fa>izun Watang Palakka Kab.Bone pada Tahun Pembelajaran 2010/2011 semester kedua yang berjumlah 21 siswa yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Instrumen penelitian melalui lembar observasi dan tes yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data dengan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini, menunjukkan aktivitas belajar siswa dalam siklus I sebesar 78 % dan siklus II sebesar 88 %. Sedangkan hasil prestasi belajar siswa secara klasikal dalam siklus I sebesar 81 % dan siklus II sebesar 95 %. Hal ini, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ATI pada mata pelajaran Al-Qura>n-Hadis kelas VIII B di Madrasah Tsanawiyah al-Fa>izun dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.
Implikasi dari penelitian ini, pembelajaran efektif bila perlakuan/metodew (treatment) yang diterapkan dalam proses belajar mengajar sesuai/cocok dengan perbedaan kemampuan (aptitude) siswa, pembelajaran yang dikembangkan dalam suasana yang menyenangkan dan bebas dari tekanan serta indoktrinasi, dapat meningkatkan aktivitass belajar dan mengoptimalkan perolehan prestasi akademik/hasil belajar siswa, model ATI memberi implikasi tersendiri pada pengembangan kurikulum yang sedang berlaku saat ini (KTSP). Hal ini terbukti bahwa model ATI dapat dijadikan sebagai sebuah model pembelajaran dan inovasi serta improvisasi bagi pengembangan pembelajaran Al-Qura>n- Hadis, yang disesuaikan dengan jadwal dan jam pelajaran yang sudah ditetapkan, dan efektivitas model pembelajaran ATI yang dikembangkan dalam pembelajaran Al-Qura>n- Hadis telah teruji dan relatif mudah diadopsi guru, akan tetapi dalam penerapan oleh guru diperlukan adanya data tentang karakteristik kemampuan (aptitude) siswa, yang akan dijadikan dasar dan titik tolak pemberian perlakuan yang relevan.
Tidak tersedia versi lain