Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Stategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Membentuk
Integritas Diri Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Cina
Kabupaten Bone.
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Stategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Membentuk Integritas Diri Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Cina Kabupaten Bone.

Ahiruddin - Nama Orang;

Fokus penelitian dalam tesis ini adalah strategi pembelajaran,SKI faktor
pendukung dan penghambat, dan upaya yang dilakukan guru dalam membentuk
integritas diri peserta didik. Tujuannya untuk mengetahui dan mendeskripsikan
strategi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, mengetahui dan mengidentifikasi
faktor pendukung dan penghambat, mengidentifikasi dan mengembangkan upaya
yang dilakukan guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam membentuk integritas diri
peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Cina Kabupaten Bone.
Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan pedagogis, sosiologis,
dan psikologis. Sumber data penelitian adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam,
Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah bagian kurikulum, Wakil Kepala
Madrasah bagian kesiswaan, tokoh pendiri madrasah, perwakilan peserta didik, dan
guru bidang studi lain yang dianggap kompoten memberi data. Pengumpulan data
melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni
reduksi data, mengorganisasi data, memverifikasi data, kemudian penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Cina melalui tiga tahapan. Pertama,
sebelum dan ketika proses pembelajaran berlangsung. Strateginya adalah guru
berusaha menguasai materi pelajaran dengan matang, menyiapkan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP), penataan ruangan belajar, memperhatikan dan
mempertimbangkan keadaan peserta didik, mengetahui kemampu awal peseta didik,
dan melatih peserta didik berpikir mendalam. Kedua, strategi di akhir jam
pembelajaran. Meliputi usaha pemberian tes lisan atau tulisan, dan kegiatan
drama/demonstrasi jika materi pelajaran berhubungan kisah kepemimpinan atau
perjuangan tokoh muslim. Ketiga, strategi di luar jam pembelajaran (strategi
lapangan). Kegiatannya meliputi pemberian keteladanan dan motivasi kepada peserta
didik untuk mengejawantahkan ilmu pengetahuan dalam bentuk sikap, sifat, dan
perilaku sehari-hari. Faktor pendukung pembentukan integritas diri peserta didik
adalah materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, tenaga guru yang profesional, dan
faktor internal dan eksternal peserta didik. Faktor penghambat yang dihadapi adalahxviii
perbedaan karakteristik peserta didik, sarana dan prasarana pembelajaran yang
minim, dan faktor lingkungan sosial madrasah. Adapun upaya yang dilakukan guru
dalam membentuk integritas diri peserta didik melalui dua jalur yakni, jalur formal
seperti meningkatkan kreativitas dan inovasi pembelajaran, meningkatkan dan
memperluas wawasan pengetahuan Sejarah Kebudayaan Islam, mendorong dan
memotivasi peserta didik untuk mencontoh dan meneladani sifat, sikap, serta perilaku
baik tokoh-tokoh muslim, membelajarkan Sejarah Kebudayaan Islam dengan cara
tekstual dan kontekstual. Sedang upaya yang dilakukan melalui jalur non-formal
adalah melakukan kunjungan wisata ke lokasi/tempat bersejarah, menuntut peranserta peserta didik dalam kegiatan hari besar keagamaan, melatih dan membiasakan
peserta didik tampil di hadapan khalayak ramai.
Implikasi penelitian adalah pentingnya meningkatkan dan mengembangkan
strategi, inovasi dan kreatifitas pembelajaran (khususnya pembelajaran Sejarah
kebudayaan Islam). Pentingnya upaya guru dan dukungan pemerintah dalam
meningkatkan profesionalitas dalam mengajar, dan perlu adanya penelitian lanjutan
untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam
membentuk integritas diri peserta didik.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100209010
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN ISLAM., 2011
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?