Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Problematika Pembelajaran Bahasa Asing di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Model Makassar (Studi Komparatif
Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Problematika Pembelajaran Bahasa Asing di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar (Studi Komparatif Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)

Abidin - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang Problematika Pembelajaran Bahasa Asing di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar. Adapun permasalahan yang
diangkat yaitu: Bagaimana problematika pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri
Model Makassar; Bagaimana problematika pembelajaran bahasa Inggris di MTs
Negeri Model Makassar; Bagaimana upaya-upaya antisipatif madrasah mengatasi
problematika pembelajaran bahasa asing; dan Bagaimana perbandingan
pembelajaran bahasa Arab dan Bahasa Inggris di MTs Negeri Model Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, sosiologis, komparatif, dan
linguistik. Metode pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi, dan
trianggulasi, dengan sumber data primer adalah pendidik bahasa Arab dan bahasa
Inggris serta peserta didik. Adapun data sekundernya berupa data pendukung dari
berbagai literatur dan dokumen. Analisis data yang digunakan yakni analisis data
kualitatif deskriptif dan penarikan kesimpulan secara deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di MTs
Negeri Model menghadapi beberapa problem, baik yang berkaitan dengan aspek
linguistik maupun nonlinguistik. Problem linguistik meliputi: kesulitan melafalkan
huruf-huruf yang memiliki kemiripan lafal; belum adanya dasar bahasa Arab karena
pada umumnya merupakan alumni sekolah dasar; serta penguasaan mufrada>t yang
rendah. Problem nonlinguistik pembelajaran bahasa Arab meliputi: kreativitas
pendidik yang masih minim; motivasi belajar peserta didik yang tergolong rendah;
dan lingkungan berbahasa yang belum mendukung. Problematika linguistik
pembelajaran bahasa Inggris berkaitan dengan kesulitan pelafalan (pronunciation)
dan penggunaan kata yang memiliki makna ambigu dalam tulisan maupun
komunikasi. Sedangkan problem nonlinguistik meliputi: ketimpangan kemampuan
antara peserta didik yang mengikuti bimbingan (kursus) dengan yang tidak; metode
pembelajaran yang masih kurang variatif; dan lingkungan bahasa yang belumxxi
maksimal. Adapun upaya madrasah untuk mengantisipasi permasalahan tersebut
dengan melakukan beberapa kegiatan, yaitu: kursus bahasa Inggris bagi pendidik;
pidato tiga bahasa; Jumat beramal tiga bahasa, kursus bahasa Arab anggota IRMAS;
perkampungan bahasa; dan membiasakan berkomunikasi dalam proses pembelajaran.
Membandingkan antara pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris di MTs Negeri
Model Makassar pada prinsipnya terletak pada belum seimbangnya perhatian
stakeholder Madrasah dalam pengembangan kedua bahasa asing tersebut. Terkesan
belajar bahasa Arab lebih banyak masalahnya daripada bahasa Inggris.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada
pihak madrasah pada khususnya dan pemerintah pada umumnya untuk membuat
kebijakan yang lebih adil dan berimbang berkaitan dengan pembelajaran bahasa
Arab di tingkat madrasah. Selain itu hasil penelitian ini diharapkan dapat
memotivasi pendidik bahasa Arab untuk merancang pembelajaran bahasa Arab yang
kreatif inovatif, sehingga image sulitnya mempelajari bahasa Arab perlahan-lahan
dapat dihilangkan dalam benak peserta didik.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100209007
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN ISLAM., 2011
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?