Text
TESIS:Urgensi Media Teknologi Informasi Pada Pembelajaran Fiqh Di MTs. Negeri Model Limboto
Tesis ini adalah penelitian tentang bagaimana urgensi media teknologi
informasi pada pembelajaran fiqh di MTs Negeri Model Limboto, dengan submasalah: Pertama, bagaimana penggunaan media teknologi informasi pada
pembelajaran Fiqh di MTs Negeri Model Limboto? Kedua, apa faktor-faktor
yang mendukung dan menghambat penggunaan media teknologi informasi pada
pembelajaran Fiqh di MTs Negeri Model Limboto? Ketiga, bagaimana solusi
mengatasi faktor penghambat penggunaan media teknologi informasi pada
pembelajaran Fiqh di MTs Negeri Model Limboto?
Untuk memperoleh jawaban dari permasalahan di atas, penyusun
menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif (sebagai pendukung) serta teknik
pengumpulan data dalam bentuk observasi, analisis hasil angket dan wawancara
serta dokumentasi.
Hasil penelitian ditemukan adalah sebagai berikut:
1. Penggunaan media teknologi informasi pada pembelajaran fiqh di MTs
Negeri Model Limboto sangat penting dilaksanakan karena sangat membantu
guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran, sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai.
2. Faktor pendukung utama dan penghambat dalam hal pembelajaran Fiqh
dengan menggunakan media teknologi informasi di MTs Negeri Model
Limboto ini adalah sangat ditentukan oleh faktor guru Fiqh untuk
memberikan keteladanan kepada siswa dalam menggunakan media, serta
keinginan siswa itu sendiri untuk belajar dengan menggunakan media yang
berbasis IT.
3. Solusi yang ditempuh oleh guru Fiqh yang ada di MTs Negeri Model
Limboto dalam mengatasi hambatan penggunaan media teknologi informasi
di antaranya, guru Fiqh harus mengulangi materi pembelajaran atau
memberikan remedial khusus bagi siswa yang belum tuntas/kurang menyerap
materi ajar yang menggunakan media berbasis IT.
Bertitik tolak dari temuan penelitian ini, beberapa implikasi yang
memungkinkan dapat dilakukan oleh para pengelola pendidikan dan guru di MTs
Negeri Model Limboto, di antaranya adalah: (1) Urgensi media teknologi
informasi pada pembelajaan Fiqh di MTs Negeri Model Limboto perlu
dioptimalkan secara kaffah, dengan melibatkan semua stakeholder yang ada di
lingkungan sekolah (2) Diharapkan kerjasama dari seluruh elemen terkait, sebab
tanggung jawab dalam memberikan pemahaman penggunaan media teknologi
informasi pada siswa merupakan tanggung jawab bersama orang tua, sekolah,
dan pemerintah.
Tidak tersedia versi lain