Text
TESIS:Pendekatan Uswatun Hasanah dalam Pembentukan Kepribadian Peserta didik di SMP Islam Athirah Makassar.
Masalah yang diangkat dalam tesis ini meliputi uswatun hasanah sebagai
strategi pembentukan kepribadian mulia peserta didik di SMP Islam Athirah Makassar.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui gambaran uswatun hasanah di SMP
Islam Athirah Makassar (2) untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembentukan
kepribadian mulia peserta didik (3) untuk mengungkap faktor pendukung dan
penghambat strategi pembentukan kepribadian peserta mulia peserta didik di SMP
Islam Athirah Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif, yaitu untuk menggambarkan fenomena yang terjadi di SMP Islam
Athirah Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis,
psikologis, sosiologis, dan teologi normatif. Sedangkan pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Islam Athirah Makassar telah
melakukan strategi uswatun hasanah (keteladanan) pendidik kepada peserta didik
melalui pembiasaan, nasihat, dan bimbingan konseling. Upaya tersebut sangat efektif
untuk meningkatkan kepribadian mulia peserta didik di SMP Islam Athirah Makassar,
meskipun ada faktor penghambat, tetapi tenaga pendidik dan kependidikan telah
melakukan tindakan preventif sehingga faktor penghambat dapat teratasi dengan cara
bertahap.
Dari hasil penelitian tersebut penulis mengemukakan implikasi penelitian
bahwa, keberadaan SMP Islam Athirah Makassar cukup signifikan dalam pembentukan
kepribadian mulia peserta didik di SMP Islam Athirah Makassar. Oleh karena itu,
diharapkan semua komponen yang terkait dalam lembaga pendidikan terutama
pendidik secara terus menerus memberikan contoh yang baik, sehingga tampak
perubahan kepada peserta didik melalui kepribadian mulia dan mampu
mempertahankan prestasi yang sudah dicapai selama ini
Tidak tersedia versi lain