Text
TESIS:Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pembelajaran di SMA DDI Kendari
Penulisan tesis ini dilakukan untuk memperoleh gambaran objektif mengenai
implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA DDI Kendari. Dikembangkan dalam
tiga permasalahan pokok, yakni: Proses implementasi manajemen berbasis sekolah di
SMA DDI Kendari; Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanan manajemen
berbasis sekolah; Hasil implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA DDI.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
filosofis dan pedagogik. Informan terdiri atas kepala sekolah, guru, staf, komite,
pengurus DDI dan pengawas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara: reduksi data, penyajian data,
dan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data maka dilakukan:
perpanjangan kehadiran, ketekunan, pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, manajemen berbasis sekolah dilaksanakan
tidak maksimal di SMA DDI Kendari. sehingga, belum bisa meningkatkan kualitas
pembelajaran secara maksimal. Walaupun, didukung oleh beberapa faktor seperti
keterlibatan warga sekolah dan masyarakat dalam pengelolaan dan penyusunan
program-program senkolah, partisipasi komite dan masyarakat dalam mencari bantuan
dan pembiayaan, kepemimpinan demokratis, kemampuan kepala sekolah memberdayakan sumber daya yang ada disekolah. Karena, ada beberapa hambatan lebih
dominan berpengaruh yang belum bisa diatasi oleh pihak pengelola sekolah seperti,
kemampuan masyarakat memberikan bantuan terbatas disebabkan kondisi ekonomi
kurang mampu, keterbatasan dana karena tidak ada sumber dana tetap sebagai dana rutin
selain iuran siswa, kesejahteraan guru belum terpenuhi, dan minat masyarakat
menyekolahkan anaknya di swasta rendah.
Implikasi dari penelitian diharapkan penigkatan kualitas siswa menjadi perioritas
sekolah, peningkatan kopentensi guru melalui pendidikan dan latihan, pemenuhan
kesejahteraan guru, memiliki usaha sebagai sumber dana tetap, dan pengurus DDI
sebagai pembina membantu kepala sekolah mencari sumber dana/bantuan untuk
pengembangan sarana dan prasarana.
Tidak tersedia versi lain