Text
TESIS:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Manado
Tesis ini membahas tentang deskripsi implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP dalam Meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di
SMA Negeri 3 Manado. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran
tentang implementasi KTSP di SMA Negeri 3 Manado, memberikan gambaran
faktor penghambat dan pendukung KTSP dalam meningkatkan mutu PAI di SMA
Negeri 3 Manado, serta upaya implementasi KTSP dalam meningkatkan mutu PAI
di SMA Negeri 3 Manado.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi
informan adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan pendidik pendidikan
agama Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis melalui langkahlangkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, psikologis, filosofis, dan teologis
normatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi KTSP dalam
meningkatkan mutu PAI berjalan dengan baik, tetapi belum maksimal karena
mengalami hambatan: alokasi waktu yang sempit, minimnya tenaga pendidik PAI,
fasilitas yang kurang memadai, minimnya buku pokok, dan buku penunjang serta
kurangnya perhatian orang tua. Adapun upaya yang dilakukan untuk \ meningkatkan
mutu PAI adalah adanya kegiatan ekstrakurikuler, penambahan tenaga pendidik
PAI, adanya sarana dan prasarana, pengadaan buku pokok maupun buku penunjang
PAI, adanya perhatian orang tua.
Dengan adanya implementasi KTSP dalam Peningkatan Mutu PAI di SMA
Negeri 3 Manado perlu adanya penambahan tenaga pendidik PAI, adanya kegiatan
ekstrakurikuler, pengadaan sarana, adanya kebijakan dalam hal ini kebijakan
Kepala Sekolah dan Kementerian Agama Kota Manado untuk memberikan
perhatian terhadap kekurangan tenaga pendidik PAI sehingga mutu PAI di SMA
Negeri 3 Manado dapat meningkat
Tidak tersedia versi lain