Text
TESIS:Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di SMA Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang
Tesis ini berjudul aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembentukan
akhlak mulia peserta didik di SMA Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang. Bertujuan
untuk mengetahui bentuk-bentuk upaya mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan
Islam, faktor-faktor pendukung dan penghambat, serta solusi alternatif terhadap
faktor penghambat yang dialami dalam mengaktualisasikan nilai-nilai pendidikan
Islam terhadap pembentukan akhlak mulia peserta didik SMA Negeri 1 Suppa.
Pokok permasalahannya adalah bagaimana aktualisasi nilai-nilai pendidikan dalam
pembentukan akhlak mulia peserta didik di SMA Negeri 1 Suppa Kabupaten
Pinrang.
Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, penulis
melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan multidisipliner, yaitu
pendekatan pedagogis, teologis normatif, dan sosiologis. Penelitian ini tergolong
field research dengan jenis penelitian deskriptif. Data di kumpulkan melalui
observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner, serta penelusuran referensi. Data
yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Suppa Kabupaten
Pinrang telah melakukan beberapa upaya dalam mengaktualisasikan nilai-nilai
pendidikan Islam untuk membentuk akhlak mulia peserta didiknya. Upaya-upaya
tersebut adalah menjadikan pelajaran baca tulis Al-Qur’an sebagai pelajaran muatan
lokal, menekankan kepada peserta didik wanita yang beragama Islam untuk menutup
aurat, melaksanakan shalat z}uhur berjamaah di Musalla, menjadikan Bahasa Arab
sebagai salah satu pelajaran Bahasa asing, mengadakan kultum setelah selesai shalat
z}uhur berjamaah, dan mengadakan pengajian sekali setiap bulan, serta memperingati
hari-hari besar Islam. Upaya-upaya tersebut dapat membentuk akhlak mulia peserta
didik. Dalam upaya tersebut, disamping terdapat beberapa faktor pendukung juga
terdapat beberapa faktor-faktor penghambat. Solusi alternatif terhadap faktor
penghambat yang ada adalah memaksimalkan sarana dan prasarana, guru dan tenaga
kependidikan sesuai dengan fungsinya masing-masing.
Dari hasil penelitian tersebut, penulis mengemukakan implikasi penelitian
bahwa aktualisasi nilai-nilai pendidikan dalam membentuk akhlak mulia peserta
didik itu sangat efektif. Hal ini dibuktikan oleh SMA Negeri 1 Suppa Kabupatenxiii
Pinrang. Oleh karena itu, SMA Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang perlu
mempertahankan bahkan mengembangkan prestasi yang telah dicapai tersebut. Juga
kepada lembaga pendidikan yang lain negeri ataupun swasta upaya-upaya yang telah
dilakukan SMA Negeri 1 Suppa ini dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk
diterapkan dalam rangka membentuk akhlak mulia peserta didik
Tidak tersedia versi lain