Text
TESIS:Pengembangan Weblog sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah Pondok Pesantren An Nahdlah Makassar
Tesis ini membahas tentang pengembangan layanan weblog sebagai media
pembelajaran bahasa Arab dan pengaruhnya terhadap motivasi peserta didik
mempelajari bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren An Nahdlah Makassar.
Pokok permasalahanya adalah bagaimana mengembangkan materi pembelajaran bahasa
Arab dengan memanfaatkan fasilitas layanan weblog sebagai media pembelajaran dan
sejauh mana pengaruhnya dalam meningkatan motivasi peserta didik mempelajari
bahasa Arab.
Dalam penyusunannya didasarkan pada penelitian lapangan dengan
menggunakan beberapa metode pengumpulan data yang meliputi; kajian pustaka,
observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Jenis Penelitian eksperimen dengan
bentuk pre experimental design dan permasalahan dalam penelitian ini dilihat dengan
pendekatan paedagogis, psikologis, dan statistik, dan dibahas secara deskriptif
kuantitatif.
Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan weblog sebagai media
pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren An Nahdlah Makassar
dengan berbagi metode pembelajarannya memberi kontribusi yang efektif dalam
meningkatkan motivasi peserta didik mempelajari bahasa Arab. Hal ini terlihat pada
besarnya motivasi peserta didik mempelajari bahasa Arab dengan media weblog
mencapai 93,33%, tingginya ketertarikan siswa mencapai 73,33%, munculnya
kepercayaan diri mencapai 64,33%, dan adanya rasa penghargaan dan manfaaat yang
didapatkan peserta didik pada pemanfaatan media weblog tersebut.
Implikasi dari penelitian ini menuntut untuk mengevaluasi strategi pembelajaran
bahasa Arab yang berlangsung di kelas yang cenderung monoton dan perlunya
mengembangkan strategi pembelajaran bahasa Arab yang kreatif dan inovatif dengan
memanfaatkan IT menjadi salah satu solusinya. Dengan menggunakan IT, dapat
membuat berbagai macam strategi pembelajaran bahasa Arab yang akan memberikan
perbedaan jenis pengalaman proses pembelajaran (learning experience) dan kenyamanan
dalam situasi yang berbeda-beda kepada peserta didik yang pada akhirnya mampu
meningkatkan motivasi peserta didik mempelajari bahasa Arab.
Tidak tersedia versi lain