Text
TESIS:Urgensi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Camba di Kabupaten Maros
Tesis ini membahas tentang urgensi kompetensi guru Pendidikan Agama
Islam (PAI) terhadap peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Permasalahan yang dikaji
adalah bagaimana kompetensi guru PAI di SMA Muhammadiyah Camba?, dan
bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA
Muhammadiyah Camba? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan
gambaran secara empirik tentang kompetensi dan upaya-upaya guru PAI dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah Camba.
Objek penelitian ini adalah siswa dan guru SMA Muhammadiyah Camba.
Data yang berkenaan dengan objek penelitian ini diolah berdasarkan jenis penelitian
deskriptif kualitatif, kemudian data yang dikumpulkan melalui instrumen penelitian
berupa observasi, interview, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara reduksi,
penyajian dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SMA Muhammadiyah Camba
telah memiliki kompetensi dalam berbagai aspek secara baik dan profesional, dan
berkualifikasi akademik yang tinggi, serta pengalaman mengajar yang cukup lama,
yang dapat meningkatkan prestási belajar siswa. Hal ini diakui oleh beberapa dari
imporman, baik dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru
PAI, maupun dari beberapa siswa itu sendiri, termasuk kemampuan guru PAI dalam
menggunakan metode yang bervariasi, dan media pembelajaran serta mampu
membangkitkan semangat belajar dalam proses pembelajaran, mampu menyusun dan
melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), stándar kompetensi (SK),
dan kompetensi dasar (KD), menguasai materi pengajaran, penguasaan kelas,
motivator, serta mampu mengefektifkan proses pembelajaran. Dengan demikian
kompetensi guru PAI secara esensial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang
lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rapor yang diperoleh sebagai data sekunder,xvi
yakni nilai PAI rata-rata 82,64, dan untuk predikat nilai yang diperoleh dari 50 siswa
yang mewakili, yaitu 18 orang siswa (30%) memperoleh predikat A (Baik Sekali), 31
orang siswa (62%) memperoleh predikat B (Baik),dan 1 orang siswa (2%)
memperoleh predikat C (Cukup).
Jadi indikatornya bahwa semakin tinggi kompetensi guru semakin tinggi pula
prestasi belajar siswa akan diraihnya.
Implikasi penelitian, guru PAI dengan berbagai kompetensi yang dimilikinya,
selalu eksis dan giat secara simultan, memotivasi siswa, agar konsisten dalam belajar
untuk meningkatkan prestasi belajar, salah satu bagian dari kompetensi adalah
kemampuan memotivasi siswa dalam pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain