Text
TESIS:Korelasi Kompetensi Guru Pendidikan agama Islam dengan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto
Tesis ini berkaitan dengan upaya mencari korelasi kompetensi guru
pendidikan agama Islam dengan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Kelara
Kabupaten Jeneponto. Pokok permasalahan adalah bagaimana kompetensi guru
Pendidikan agama Islam berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di SMA
Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto.
Penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan pendekatan
pedagogis, psikologis, teologis normatif, dan yuridis. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian kuantitatif. Sampel di ambil dengan teknik total sampling peserta
didik dengan jumlah 80 responden, yaitu kelas XI di SMA Negeri 1 Kelara Jeneponto.
Pengolahan data menggunakan analisis person product moment, yakni dengan
menghitung korelasi hasil angket peserta didik dan nilai semester Pendidikan agama
Islam semester ganjil Tahun pelajaran 2008/2009 dan semester genap Tahun pelajaran
2009/2010. Hasil korelasi selanjutnya dihitung dengan thitung dan regresi untuk menguji
hipotesis.
Hasil penelitian menggambarkan distribusi jawaban responden pada sub
variabel aspek perencanaan pembelajaran menunjukkan kategori tinggi dan bernilai
positif atau secara akumulatif sebesar 80,33 persen, sub variabel aspek proses
pembelajaran kategori tinggi dan bernilai positif juga atau secara komulatif sebesar
76.59 persen dan sub variabel pada aspek evaluasi pembelajaraan pada kategori
tinggi dan bernilai positif juga yaitu sebesar 84.80 persen. Nilai rata-rata PAI
sebesar 80,66 dan bila nilai ini didasarkan dari Kriteria Ketuntasan Minimum
(KKM) yaitu dengan standar nilai "65" maka semua responden dinyatakan tuntas.
Dengan harga korelasi (r) = 0,593 dan harga koefisien deterninannya (R2) = 0,351
yang artinya apabila di persentase sebesar 35,10 persen. Jadi antara kompetensi
pedagogik guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran pendidikan agama
Islam dalam mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Kelara Jeneponto berpengaruh
positif dengan nilai ‚baik‛. Sedangkan selebihnya sebesar 64,90 persen dipengaruhi
oleh faktor lain.
Implikasi dari hasil penelitian diketahui bahwa korelasi kompotensi guru
terhadap hasil belajar memberikan nilai sebesar 35,10 persen. Temuan di atas
dapat dijadikan sebagai bahan dan agenda oleh pihak sekolah untuk meningkatkan
peranan pendidik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi
pembelajaran PAI serta untuk mengetahui hambatan dan solusi meningkatkan hasil
belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan agama Islam serta
bahan evaluasi bagi pendidik.
Tidak tersedia versi lain