Text
TESIS:Peningkatan strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam terhadap prestasi peserta didik kelas rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) SMP Negeri 6 Makassar.
Tesis ini berkenaan dengan studi tentang strategi pembelajaran PAI di
RSBI SMP Negeri 6 Makassar dan pengaruhnya terhadap perolehan nilai siswa
di SMP Negeri 6 Makassar. Pokok permasalahannya adalah bagaimana strategi
pembelajaran PAI pada sekolah tersebut dan pengaruhnya terhadap perolehan
hasil nilai atau prestasi belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif pendekatannya
adalah Pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Sumber data penelitian ini terdiri
dari siswa dan guru-guru PAI sebagai informan. Pengumpulan data
mempergunakan wawancara tertulis, dokumentasi, wawancara langsung dan
observasi. Teknik analisis/pengolahan data menggunakan 3 cara: (1) reduksi
data, (2) display data, dan (3) verifikasi data. Untuk mengukur validitas
instrumen digunakan rumus pearson product moment. Sumber data dalam
penelitian ini bersifat data primer dan data sekunder.
Pembahasan penelitian menunjukkan perolehan nilai atau prestasi
peserta didik relevan dengan optimalisasi strategi pembelejaran yang dilakukan
oleh guru PAI. Strategi pembelajaran juga berpengaruh terhadap sikap siswa,
meskipun persentasinya tidak diukur dalam penelitian ini. Perolehan nilai PAI
siswa RSBI SMP Negeri 6 Makassar mencapai angka rata-rata 89, berbeda
dengan perolehan nilai PAI siswa kelas reguler yang hanya berkisar rata-rata
81. Selain faktor strategi pembelajaran, hal lain yang berpengaruh relevan
terhadap prestasi adalah manajemen sekolah yang mempersyaratkan standar
nilai rata-rata 80,00 untuk dapat diterima di sekolah ini. Hal ini tentu saja
sangat memengaruhi perolehan nilai belajar siswa.
Implikasi penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran dapat
ditinjau dari berbagai aspek, dapat dikembangkan berdasarkan perkembangan
metodologis dunia pendidikan yang semakin variatif. Aspek pendahuluan pada
tatap muka pertama sangat penting dilakukan untuk memancing bakat minat
dan kecenderungan siswa serta motivasinya demikian juga dengan tahap
pengorganisasian inti pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Strategi
pembelajaran tidak terlepas dari fasilitas sekolah, kompetensi guru, pesertax
didik dan organisasi sekolah seperti di sekolah RSBI SMP Negeri 6 Makassar
yang telah berhasil memadukan potensi tersebut menuju sekolah bertaraf
internasional (SBI).
Tidak tersedia versi lain