Text
TESIS:Pengaruh Penerapan Seni Religius Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMK Negeri 4 Kendari
Tesis ini berkaitan dengan upaya Pengaruh Penerapan Seni Religius
Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMK Negeri 4
Kendari. Pokok permasalahan adalah bagaimana Pengaruh Penerapan Seni Religius
Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMK Negeri 4
Kendari.
Penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan
pedagogis, psikologis dan teologis normatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah
penelitian kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik total sampling peserta didik
dengan jumlah 100 responden, yaitu kelas X, XI dan XII SMK Negeri 4 Kendari.
Pengolahan data menggunakan analisis person product moment, yakni dengan
menghitung korelasi hasil angket peserta didik dan nilai Pendidikan Agama Islam
semester genap TA 2008/2009 dan semester ganjil TA 2009/2010. Hasil korelasi
selanjutnya dihitung dengan t(hitung) dan regresi untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menggambarkan distribusi jawaban responden pada sub
variabel aspek motivasi belajar peserta didik menunjukkan kategori tinggi dan bernilai
positif atau sebesar 78.57 persen, sub variabel aspek minat belajar peserta didik
kategori tinggi dan bernilai positif atau sebesar 79.66 persen dan sub variabel pada
aspek disiplin belajar peserta didik pada kategori tinggi dan bernilai positif yaitu
sebesar 77.30 persen. Nilai rata-rata PAI sebesar 85,90 dan bila nilai ini didasarkan
dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu dengan standar nilai "70" makaxviii
semua responden dinyatakan tuntas. Dengan korelasi (r) = 0,732 dan koefisien
determinannya (R2) = 0,536, yang artinya apabila di persentase sebesar 53,60
persen. Jadi antara Pengaruh Penerapan Seni Religius Terhadap Motivasi Belajar
Pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMK Negeri 4 Kendari berpengaruh positif
dengan nilai ‚baik‛. Sedangkan selebihnya sebesar 46,40 persen dipengaruhi oleh
faktor lain.
Implikasi dari hasil penelitian diketahui bahwa Pengaruh Penerapan Seni
Religius Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMK
Negeri 4 Kendari memberikan nilai sebesar 53,60 persen. Temuan di atas sebagai
bahan dan agenda oleh pihak sekolah untuk meningkatkan peranan pendidik dalam
menerapkan seni religius pada pembelajaran PAI serta untuk mengetahui hambatan
dan solusi memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dan menjadi bahan evaluasi bagi pendidik.
Tidak tersedia versi lain