Text
TESIS:Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kendari
Tesis ini membahas tentang implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang
diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kendari.
Pokok permasalahannya adalah bagaimana proses implementasi nilai-nilai
pendidikan akhlak yang dilakukan pendidik kepada peserta didik pada proses
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kendari.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian survei ini adalah pendekatan
pedagogis, psikologis, teologis normatif dan pendekatan yuridis. Jenis penelitian
yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel diambil dengan teknik
total sampling peserta didik dengan jumlah 275 responden, yaitu kelas X, XI dan XII.
Pengolahan data menggunakan analisis induktif, yakni dengan menghitung hasil
angket dengan perhitungan persentase sederhana ( P = F/N x 100 (%)).
Hasil penelitian diperoleh berdasarkan pengolahan data di lapangan. Untuk
persentase jumlah responden dan keseluruhan angket yang disebar ke 275 responden
diperoleh rekapitulasi dari 36 butir pernyataan responden di SMA Negeri 4 Kendari
tentang implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam adalah pada kategori positif dengan jawaban ‚selalu‛ sebesar 86,61
persen. Selebihnya pada kategori sedang ‚(kadang-kadang)‛ sebesar 10,79 persen
dan untuk kategori negatif ‚(pernah dan tidak pernah)‛ sebesar 2,61 persen.
Pencapain hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ke arah yang lebih
baik dengan nilai rata-rata 88,75. Nilai hasil belajar mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam tersebut dapat dikategorikan "sangat tinggi" dan bila didasarkan pada
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu nilai "70" maka semua peserta didik
(responden) dinyatakan tuntas.
Implikasi penelitian ini adalah perlunya mengimplementasikan nilai-nilai
pendidikan akhlak dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4
Kendari pada ketiga indikator perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses
pembelajaran dan evaluasi pembelajaran karena secara nyata akan mempengaruhi
peningkatan hasil belajar peserta didik.
Tidak tersedia versi lain