Text
TESIS:Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran PAI di SDN 4 Maddukkelleng Kabupaten Wajo
Pokok masalah tesis ini adalah bagaimanaPelaksanaan ManajemenKelas
dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SDN 4 Maddukkelleng Kab.Wajo.yang
menjadi tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen
kelas, 2) Untuk mendeskripsikan upaya peningkatan mutu pembelajaran PAI, 3)
Merumuskan implikasi pelaksanaan manajemen kelas dalam peningkatan mutu
pembelajaran PAI.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
teologis normative, sosiologis, dan pedagogik, Sumber data penelitian ini terdiri dari
kepala Sekolah, guru-guru sebagai informan.Teknik pengumpulan menggunakan,
instrumen wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi, dan penelusuran
referensi. Teknik analisis/ pengolahan data data kualitatif menggunakan 3 tahapan
yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) verifikasi data.
Hasil penelitian yaitu Pertama, pelaksanaan manajemen kelas yaitu
pendidik harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memiliki
keterampilan pertama, pendekatan secara pribadi, dan keterampilan mengorganisasikan pembelajaran Kedua,bentuk pelaksanaan manajemen kelasyaitu terfokus pada
segi manajemen perencanaan (planning), peng-organisasian (organizing),
pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling), dan ketiga Upaya
peningkatan mutu pembelajaran PAImelalui pelaksanaan manajemenuntuk
peningkatan mutu terutama dalam mengektifkan kelas antara lain. Memahami
berbagai jenis kelas.Belajar bersama dalam kelompok, Mengadakan analisis social,
Mengefektifkan papan tulis di kelas, Mengefektifkan posisi tempat duduk siswa,
Mengembangkan pemetaan bahan, menciptakan suasana belajar yang nyaman.
Implikasi penelitian yaitu dalam meningkatkan implementasi manajemen kelas
perlu diintensifkan kegiatan pendidikan dan pelatihan baik secara kualitas maupun
kuantitas,Untuk membangkitkan semangat kompetisi dan semua stakeholders
disarankan agar peningkatan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan perlu
terus diupayakan
Tidak tersedia versi lain