Text
TESIS:Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Ma’arif Panaikang Kabupaten Bantaeng
Tesis ini membahas tentang kepemimpinan kepala Madrasah dalam
peningkatan kinerja guru Madrasah aliyah Ma’arif Panaikang Kabupaten Bantaeng.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui gambaran kepemimpinan
kepala Madrasah Aliyah Ma’arif Panaikang Kab. Bantaeng, 2) Untuk mengetahui
gambaran kinerja guru Madrasah Aliyah Ma’arif Panaikang Kab. Bantaeng, 3) Untuk
mengetahui upaya kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah
Aliyah Ma’arif Panaikang Kab. Bantaeng.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan jenis deskripsi kualitatif yang
dilaksanakan di Madrasah Aliyah Ma’arif Panaikang Kabupaten Bantaeng, dengan
pendekatakan yuridis, pedagogis, dan psikologis. Data bersumber dari kepala
madrasah, dan para guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument penelitian dengan
menggunakan panduan observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengolahan dan
analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian
data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Gambaran kepemimpinan kepala
Madrasah Aliyah Ma’arif Panaikang Kabupaten Bantaeng cukup baik karena
menjunjung tinggi tanggung jawab dengan penuh amanah. Dalam pelaksanaannya,
Kepala Madrasah Aliyah Ma’arif Panaikang Kabupaten Bantaeng telah berusaha
meleksanakan kompetensi yang harus dimilikinya. Adapun kompetensi yang
dimaksud disini adalah kompetensi kepala madrasah sesuai dengan Permenag No 29
tahun 2014 tentang kepala madrasah. Selain itu gambaran kepala madrasah
dikategorikan baik karena didukung oleh penilaian kinerja kepala madrasah yang
dinilai setiap tahunnya oleh kepala kantor kementerian agama Kabupaten Bantaeng
dan juga kepala kantor wilayah kementerian agama Provinsi Sulawesi Selatan yang
dinilai telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Kedua, Gambaran
kinerja guru Madrasah Aliyah Ma’arif Panaikang Kabupaten Bantaeng dikategorikan
baik, karena mereka telah memperlihatkan kinerja dan berbagai macam usaha yang
dilakukan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Usaha yang dimaksud adalah usaha
melaksanakan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru khususnya guru agama pada
Permenag No 16 tahun 2010 tentang pengelolaan pendidikan agama. Selain itu untukxi
kinerja guru agama Madrasah Aliyah Ma’arif Panaikang Kabupaten Bantaeng
dikategorikan baik dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang rata-rata memiliki
kualifikasi nilai yang tinggi. Disisi lain sisi juga ditunjang bahwa semua guru agama
tersebut telah memiliki sertifikat pendidik sebagai guru profesional sesuai dengan
mata pelajaran yang diajarkan masing-masing. Ketiga, Upaya kepala madrasah dalam
meningkatkan kinerja guru Madrasah Aliyah Ma’arif Panaikang Kabupaten Bantaeng
adalah: a) Kepala madrasah selalu Memberikan motivasi dan pengawasan terkait
dengan tugas dan tanggung jawab guru. Tentunya tanggung jawab guru yang
dimaksud disini adalah tanggung jawab sesuai dengan Permenag No 16 tahun 2010
tentang pengelolaan pendidikan agama pada sekolah. b) Kepala madrasah berupaya
memberikan dukungan, pandangan, dan arah untuk mencapai sasaran kinerja guru.
c) Kepala madrasah memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti kegiatan
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) serta memberikan pengawasan
(supervisi) kepada guru-guru terkait dengan perangkat pembelajaran.
Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat memberikan kontribusi kepada
seluruh warga Madrasah Aliyah Ma’arif Panaikang Kabupaten Bantaeng, mulai dari
kepala madrasah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang terlibat dalam
mendukung kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru.
Tidak tersedia versi lain