Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren
Tahfizh Al-Qur’an Al-Imam ‘Ashim Makassar
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Al-Imam ‘Ashim Makassar

Baharuddin - Nama Orang;

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan gambaran metode
pembelajaran ilmu tajwid santri Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an al-Imam
‘Ashim Makassar, 2) Mengetahui gambaran tingkat kemampuan membaca AlQur’an santri Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an al-Imam ‘Ashim Makassar, dan
3) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat pembelajaran ilmu tajwid santri
Pondok Pesatnren Tahfizh Al-Qur’an al-Imam ‘Ashim Makassar serta solusi
pemecahannya.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan historis, teologis normatif, pedagogis, dan psikologis. Adapun
sumber data primer terdiri atas pimpinan Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an alImam ‘Ashim, Kabid Tah}fiz{, Kabid Ta‘li>m, Pembina/Musa>‘id, dan santri di
lingkungan Pondok Pesantren al-Imam ‘Ashim. Sedangkan data sekunder terdiri atas
sejumlah buku, hasil penelitian, jurnal, majalah, dan dokumen lainnya. Instrumen
kunci penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman
wawancara, pedoman observasi, dan beberapa dokumentasi. Adapun metode
pengumpulan data riset lapangan berupa observasi, wawancara, tes perbuatan, dan
dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dalam tesis ini terdiri atas reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data
dilakukan dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam
pembelajaran ilmu tajwid di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an al-Imam ‘Ashim
adalah metode jibril. Gambaran tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an santri
Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an al-Imam ‘Ashim Makassar adalah sangat baik
karena santri mampu melafalkan huruf sesuai dengan makhraj dan sifatnya. Faktor
pendukung pembelajaran ilmu tajwid di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an alImam ‘Ashim yaitu pembina/musa>‘id yang berkompeten, metode pembelajaran yang
menggunakan metode jibril, kedisiplinan santri, dan lingkungan belajar di pondok.
Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya kitab-kitab qira>’ah, media pembelajaran, dan beragamnya latar belakang santri. Upaya mengatasi faktor penghambat pembelajaran ilmu tajwid di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an al-Imam
‘Ashim Makassar adalah penambahan media pembelajaran bekerja sama dengan
berbagai pihak, pihak pengurus memberikan dukungan sebesar-besarnya kepada para
ustad untuk meningkatkan kualitas dan skill bacaan Al-Qur’an dengan mengikuti
pelatihan dan seminar yang diadakan oleh pesantren, mengadakan rapat antara pengurus dan melibatkan seluruh ustad/pengajar yang diadakan sekali tiap satu semester
untuk membahas berbagai permasalahan khususnya yang berkaitan dengan pembela-xvii
jaran ilmu tajwid serta pemecahannya, para ustad senantiasa meningkatkan kualitas
bacaannya dengan mengikuti pelatihan ataupun seminar yang diadakan oleh pesantren serta wajib mengoreksikan bacaannya di hadapan Syam Amir Yunus sebagai pimpinan, dan setiap santri diwajibkan untuk mengikuti program tas}h}i>h}, yaitu
santri mengoreksikan bacaan Al-Qur’annya di hadapan santri senior yang telah lulus
khatam Al-Qur’an yang dilaksanakan di luar jam pelajaran serta diadakannnya program mura>ja‘ah yaitu santri mengulang kembali hafalannya yang telah dihadapkan
pada seniornya.
Implikasi dari penelitian ini adalah selalu meningkatkan pemahaman
mengenai metode pembelajaran ilmu tajwid. Kiranya penelitian ini dapat
dikembangkan sehingga tidak terpaku kepada suatu metode, akan tetapi dapat
memformulasikannya dengan metode lain yang dianggap tepat dan sesuai dengan
materi pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X1
80100209026
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X1
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?